Penanganan Stunting, Ketua TP PKK Kendal Fokus Akan Perhatikan Serius

etua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Kendal Wynne Frederica saat melakukan sosialisasi terkait pencegahan dan penanganan stunting di Kendal, beberapa waktu lalu.

Kendal (Sigi Jateng) – Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Kendal Wynne Frederica menyebut stunting harus benar-benar dicegah. Sebab, dampaknya akan sulit untuk diperbaiki dan mempengaruhi masa depan anak-anak.

Istri Bupati Kendal Dico M Ganinduto yang biasa disapa Caca ini menyampaikan stunting menunjukkan kurangnya gizi yang terjadi kepada anak di awal pertumbuhan dan perkembangannya. Menyikapi hal itu, pihaknya akan lebih fokus kepada penanganan stunting di wilayahnya.

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Kendal Wynne Frederica saat video conference bersama tenaga kesehatan di wilayah Kabupaten Kendal di Ruang Ngesti Widdhi, Rabu (9/6/2021).

“Stunting ini tidak hanya berdampak pada tubuh pendek, tetapi juga memiliki banyak dampak buruk bagi anak. Sebab kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak aspek, mulai dari aspek pendidikan hingga ekonomi,” kata dia pada video conference bersama tenaga kesehatan di wilayah Kabupaten Kendal di Ruang Ngesti Widdhi, Rabu (9/6/2021).

Sementara itu, Dokter spesialis gizi dan nutrisi Mesty Ariotedjo menjelaskan, stunting bisa mempengaruhi perkembangan dari kecil hingga dewasa. Dalam jangka pendek, stunting pada anak menyebabkan terganggunya perkembangan otak, metabolisme tubuh, dan pertumbuhan fisik.

“Stunting juga akan mempengaruhi kecerdasan pada anak, di mana biasanya anak stunting memiliki kecerdasan di bawah rata-rata, sehingga akan berdampak pada prestasi belajarnya,” jelas Mesty.

“Selain itu, sistem imun tubuh anak tidak baik, dan anak akan mudah sakit. Kemudian anak akan lebih tinggi berisiko menderita penyakit diabetes, penyakit jantung, stroke, dan kanker,” imbuhnya.

Mesty berpesan, gizi yang baik dan tubuh yang sehat merupakan kunci dari pencegahan stunting. Dan, dalam rangka pencegahan stunting ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan selama hamil dan selama menyusui.

“Memberikan ASI eksklusif dan nutrisi penting lainnya, seiring pertambahan usia anak. Ini menjadi sangat penting yang harus diperhatikan orang tua, agar anak-anak kita dapat terhindar dari masalah stunting,” pintanya. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini