Penanganan Covid-19 di Kendal Disebut Cukup Baik, Danrem 073/Makutarama : Pasien Terpapar Covid Bisa Ditempatkan di Isolasi Terpusat

Danrem 073/Makutarama Kolonel Arm. Putranto Gatot Sri Handoyo meninjau Rumah sakit darurat covid (RSDC) Kendal yang dijadikan tempat isolasi terpusat di Kabupaten Kendal, Rabu (07/07/2021).

Kendal (Sigi Jateng) – Pastikan penanganan Covid-19 di Kabupaten Kendal berjalan dengan baik. Danrem 073/Makutarama Kolonel Arm. Putranto Gatot Sri Handoyo meninjau Rumah sakit darurat covid (RSDC) Kendal yang dijadikan tempat isolasi terpusat di Kabupaten Kendal, Rabu (07/07/2021).

“Saya sengaja datang ke Kendal untuk melihat penanganan covid-19 di sini, dan terlihat cukup bagus dalam penanganannya. Gedung rusunawa yang dijadikan RSDC ini langkah bisa jadi alternatif selain RSUD untuk digunakan masyarakat terpapar virus covid-19,” kata Kolonel Arm. Putranto Gatot Sri Handoyo.

Turut mendampingi peninjauan di RSDC Kendal, Bupati Dico M Ganinduto, Wakil Bupati Windu Suko Basuki, Dandim 0715/Kendal Letkol Inf. Imam Widhiarto, Wakapolres Kendal, Kajari Kendal dan Plt Direktur Utama RSUD Suwondo Kendal.

Gatot mengatakan dari informasi yang diterima, bahwa kapasitas ruangan RSDC ada 90, namun saat ini terisi sebanyak 33 orang. Untuk penanganannya berada dibawah koordinasi dari RSUD Suwondo Kendal. Selain itu, sudah lengkap dengan oksigen untuk kondisi pasien yang berat.

“Bagi pasien yang terpapar covid-19 maka bisa diarahkan ke gedung Wisma Atlet atau isolasi terpusat, sehingga RSDC dapat digunakan untuk pasien lainnya,” harap Danrem 073/Makutarama.

Mengenai tugas dan tanggung jawab tenaga kesehatan (Nakes) di Kendal, Kolonel Arm. Putranto Gatot Sri Handoyo menilai sudah bekerja dengan baik. Yakni melakukan pengecekan setiap saat, ada dokter jaga, dan perawat yang melakukan tugasnya dengan baik.

“Tadi pak bupati bilang, kalau nakes banyak yang terpapar, maka akan dilakukan rekrutmen kembali tenaga nakes untuk memberikan pelayanan pada masyarakat yang terpapar Covid-19,” tuturnya.

Di kesempatan yang sama, Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki mengatakan, jika kasus Covid-19 di Kabupaten Kendal turun drastis. Berdasarkan data yang diterimanya, dari 140 orang terpapar dan yang sembuh 250 orang. “Hal ini menunjukan angka penurunan kasus Covid-19 cukup signifikan,” katanya.

Dirinya berharap, kehadiran Danrem di Kabupaten Kendal dapat menambah semangat dan motivasi bagi pemkab Kendal khususnya nakes dalam penanganan Covid-19.

“Sebagaimana komitmen bersama, Pemkab bersama dengan Forkopimda, terus bersama-sama menangani masalah Covid-19 ini hingga tuntas,” tandas pria yang akrab disapa Pakdhe Bas ini.

Diketahui, kasus penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Kendal saat ini yang terkonfirmasi ada sebanyak 10.786 orang dan yang sudah sembuh ada 9.159 orang. “Yang kini dirawat ada 1.184 orang,” imbuh dr Budi Mulyono selaku Plt RSUD dr Soewondo. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini