Pemkot Pekalongan Buka 527 Formasi CPNS dan P3K, Simak Jadwal Pendaftarannya!

Kota Pekalongan (Sigi Jateng) – Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan kembali membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). Pada rekrutmen tahun 2021 ini, dari jumlah formasi yang diusulkan sebelumnya sebanyak 603 formasi.

Pemkot Pekalongan kembali mendapatkan jatah sebanyak 527 formasi untuk CPNS dan P3K dari Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

“Alhamdulillah pada minggu-minggu kemarin sudah ada keputusan dari Kemenpan-RB mengenai formasi kebutuhan pegawai CPNS dan P3K di tiap kabupaten/kota di seluruh Indonesia termasuk Kota Pekalongan,” kata Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan Daerah (BKPPD) Kota Pekalongan, Ir Budiyanto, Mpi,MHum saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu(19/5/2021).

“Khusus Kota Pekalongan, sebelumnya kami telah mengusulkan formasi sebanyak 603. Namun, yang disetujui oleh Kemenpan-RB ada 527 formasi untuk lowongan CPNS dan P3K di tahun 2021 ini,” imbuhnya.

Budi menyebut dari total 527 formasi tersebut terdiri dari CPNS dan P3K dimana untuk P3K guru ada 140 formasi, sedangkan non guru P3K (tenaga kesehatan seperti bidan, ners,dan sebagainya) ada 49 formasi. Sedangkan untuk formasi CPNS terdiri dari sebanyak 207 tenaga kesehatan dan tenaga teknis sebanyak 131 formasi.

Menurutnya, pada rekrutmen ini nanti bakal dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan mengingat masih Pandemi Covid-19 dan kemungkinan akan diadakan di UDINUS Semarang untuk lokasi pelaksanaan tes seperti tahun 2019 silam.

Lebih lanjut,Budiyanto merinci,untuk jadwal seleksi CPNS Dan P3K Tahun 2021 sebagai berikut, pengumuman seleksi tanggal 30 Mei-13 Juni 2021, pendaftaran seleksi dijadwalkan tanggal 31 Mei-21 Juni 2021, seleksi administrasi dan pengumuman hasilnya 1 Juni-30 Juni 2021, masa sanggah dimulai pada 1 Juli-11 Juli 2021.

Sementara, untuk pelaksanaan SKD CPNS dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) BKN pada Bulan Juli-September 2021, Seleksi Kompetensi P3K non guru (CAT BKN) pada Bulan Juli-September 2021 atau setelah pelaksanaan SKD CPNS selesai di masing-masing lokasi, seleksi kompetensi P3K Guru (CBT Kemendikbud) yakni Agustus, Oktober, dan Desember 2021.

Pelaksanaan SKB CPNS dijadwalkan pada Bulan September-Oktober 2021, pengumuman akhir dan masa sanggah pada Bulan November 2021, dan Penetapan NIP CPNS maupun P3K akan dilakukan pada Bulan Desember 2021.

“Kami menghimbau bagi masyarakat yang ingin mendaftar agar segera mempersiapkan diri terutama syarat kelengkapan administrasi seperti foto berlatar belakang merah, ijazah, transkrip nilai, surat keterangan lain (seperti Serdik untuk guru dan STR Untuk nakes), Surat akreditasi dan sebagainya yang di scan dokumen aslinya, dicermati kualifikasi persyaratannya seperti apa,” jelasnya.

Jika masyarakat masih bingung bisa menanyakan langsung melalui Website http://bkppdpelayananasn.pekalongankota.go.id atau datang langsung ke kantor BKPPD setempat. Persiapkan belajar secara matang untuk memahami dan menjawab soal-soal CPNS dan P3K secara tepat dan cepat karena materi dari tahun ke tahun berkutat mengenai wawasan kebangsaan, intelegensi umum, dan kepribadian. Usahakan untuk memperoleh skor setinggi mungkin, karena nanti dalam tes SKD hanya akan diambil nilai tertinggi 3x dari formasi yang dibutuhkan untuk bisa melaju dalam tes SKB. (dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini