Pembukaan PPDB SMA / SMK di Jateng Dimulai 21 Juni, Ada Perubahan Penerapan Zonasi

Ilustrasi : PPDB SMK/SMK 2021 dimulai 21 Juni, ada perubahan penerapam zonasi.

SEMARANG ( Sigijateng.id ) — Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 untuk jenjang SMA dan SMK negeri di Jawa Tengah akan dibuka pada 21 Juni mendatang.

Kepala Bidang SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng, Samsudin Isnaini, mengatakan PPDB dibuka melalui empat jalur yakni zonasi, perpindahan orangtua, afirmasi dan prestasi.

“Link pendaftaran PPDB Jateng 2021 bisa dilakukan melalui laman https://ppdb.jatengprov.go.id/,” kata Samsudin, Kamis (10/6/2021).

Lebih jauh, Samsudin menjelaskan mengenai jalur zonasi pada SMA, ada perbedaan penerapan dengan tahun lalu.

Menurutnya pada tahun lalu banyak masukan mengenai kelemahan dari jalur zonasi terutama soal jarak wilayah dengan sekolah.

Namun sekarang ini zonasi berdasarkan titik domisili dengan sekolah, sepanjang calon siswa bertempat tinggal minimal setahun.

“Hal ini sesuai Permendikbud No 1/2021, tentang PPDB. Sementara pada Pergub Jawa Tengah No 7/2021, kuota paling sedikit 55% dari daya tampung sekolah,” jelas dia.

Pada SMK negeri, pada tahun ini meski persentase hanya 10 persen juga diutamakan bagi calon siswa dengan tempat tinggal di dekat sekolah.

“Selebihnya prestasi dan tes. Semua jenjang PPDB tersebut dilakukan secara daring guna meminimalisir penyebaran Covid-19,” tutupnya. (asz)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here