Pembangunan Bendungan Bodri Masuk PSN, Berikut ini Harapan Bupati Dico

Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat menghadiri Market Consultation bendungan Bodri bersama Kementerian PUPR terkait Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Bendungan Bodri. Foto : Istimewa

Kendal (Sigi Jateng) – Project rencana pembangunan Bendungan sungai Bodri di Kabupaten Kendal merupakan salah satu program kegiatan yang masuk dalam proyek strategis nasional (PSN). Kegiatan pembangunan itu masuk induk di kawasan Kendal, Kota Semarang-Kota Salatiga, Demak dan Grobogan.

Seperti diketahui, Bendungan sungai Bodri diproyeksikan memiliki kapasitas 41,7 juta meter kubik dan dapat menampung air baku 2,26 meter kubik per detik. Selain itu digunakan untuk mengairi irigasi seluas 8.861 hektar dan mereduksi banjir 10,23%, dan pembangkit listrik tenaga air 3,2MW.

Bupati Dico M Ganinduto saat hadir di Market Consultation yang diselenggarakan oleh Kementerian PUPR terkait Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Bendungan Bodri mengatakan Kendal merupakan kawasan yang sangat penting bagi Jawa Tengah.

“Rencananya Bendungan Bodri akan dibangun pada Kuartal IV 2024. Adapun nilai investasi yang dibutuhkan untuk membangun proyek tersebut adalah sebesar Rp 1,71 triliun dan membutuhkan waktu 6 tahun masa konstruksi,” kata Dico.

Ke depannya, lanjut Dico, Kabupaten Kendal akan memiliki pelabuhan terintegrasi dengan tanjung emas, harbour tol yang menghubungkan antara pelabuhan dan kawasan industri, pipa gas yang siap menunjang kawasan industri, dan berbagai infrastruktur strategis penunjang industri.

“Proyek Bendungan Bodri sangat penting bagi Kabupaten Kendal dan keberlanjutan kawasan industri. Penanganan banjir, lumbung pangan nasional, air bersih bagi masyarakat dan industri, menciptakan destinasi pariwisata baru dan menciptakan energi terbarukan hijau,” terang Dico.

Dico berharap proyek ini bisa berjalan dengan baik dan memberikan nilai tambah bagi investor serta memberikan multiplier effect yang besar bagi masyarakat Kabupaten Kendal dan Jawa Tengah. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini