Pelabuhan Cilacap Diserbu Ratusan Nelayan, Anggota TNI AL Tutup Pintu Hindari Kerumunan. Eh..Ternyata

Ratusan nelayan dan masyarakat pesisir mengikuti vaksinasi yang digelar Lanal Cilacap. (foto: Istimewa)

Cilacap (Sigi Jateng) – Ratusan nelayan dan warga di pesisir selatan Jawa menyerbu tempat vaksinasi massal di area Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap (PPSC). Mereka antusias untuk mendapatkan dosis pertama vaksinasi Covid-19 yang digelar Lanal.

Animo para nelayan yang cukup tinggi membuat anggota TNI AL menutup pintu masuk area PPSC untuk menghindari kerumunan. Pasalnya, banyak warga yang tidak bisa mengikuti vaksin karena sebelumnya mereka belum mendaftar.

Dalam serbuan vaksinasi kali ini, Angkatan Laut Cilacap menargetkan 500 nelayan dan warga pesisir mendapatkan vaksin Covid-19. Para nelayan dan masyarakat pesisir merupakan kelompok yang rentan terhadap penularan Covid-19 karena interaksi sosial yang cukup tinggi.

Vaksinasi bagi para nelayan dan warga di pesisir ini mendukung target satu juta vaksin per hari dalam program pemerintah untuk percepatan vaksinasi Covid-19 untuk mempercepat kekebalan komunitas.

“Vaksinasi yang dilaksanakan Lanal sasarannya adalah masyarakat maritim, dalam hal ini masyarakat nelayan yang ada di Kabupaten Cilacap,” kata Danlanal Cilacap, Kolonel Laut Sugeng Subagyo, Minggu (18/7/2021).

“Adapun peserta yang divaksin sekitar 500 orang. Nanti kedepan kita akan melaksanakan vaksinasi masyarakat nelayan sampai tervaksin semua. Kami harapkan dengan vaksinasi ini mereka bisa berinteraksi dan beraktivitas bongkar muat,” katanya.

Pada vaksinasi kali ini para nelayan baru menerima vaksin dosis pertama. Sedangkan untuk dosis kedua akan diterima pada 28 Juli mendatang. Para nelayan mengaku sudah menanti vaksin Covid-19 ini. Pasalnya selain untuk kesehatan diri sendiri juga untuk melindungi keluarga.

Salah satu warga, Edi Sumarno berharap agar program vaksin gratis ini terus dilakukan mengingat masih banyak nelayan yang belum menerima vaksin Covid-19. “Saya merasa program vaksin yang dilaksanakan pemerintah dan Lanal Cilacap sangat mendukung bagi masyarakat,” kata Edi.

“Kami berharap program vaksinasi pemerintah dan Lanal Cilacap ini bisa menjangkau seluruh masyarakat yang tidak mampu,” imbuhnya.

Rencananya, Lanal Cilacap akan terus melakukan program vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat maritim agar mereka terlindungi dari Covid-19. Di Kabupaten Cilacap jumlah nelayan saat ini mencapai lebih dari 30.000 orang, mulai nelayan skala kecil hingga berskala besar. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini