Peduli Lingkungan, Mahasiswa KKN Kelompok 4 Bersama Komunitas Gesang Adakan GPS di Bangetayu Wetan

SEMARANG (sigijateng.id) –  Mahasiswa KKN dari UIN Walisongo Semarang yang sedang melakukan KKN di RT 01 RW 02 Kelurahan Bangetayu Wetan Genuk Semarang melakukan kerja sama dengan komunitas Gesang dengan mengadakan kegiatan GPS yaitu Gerakan Pungut Sampah. (Minggu, 24/10/2021)

Adanya komunitas Gesang atau Gerakan Edukasi Sadar Lingkungan ini yang didirikan pada tahun 2019 dan masih aktif di masyarakat hingga detik ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang lingkungan sekitar, seperti membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan lingkungan.

Dengan diketuai oleh Dayat, komunitas Gesang bersedia untuk bekerja sama dengan mahasiswa KKN dari UIN Walisongo untuk melakukan kegiatan Gerakan Pungut Sampah (GPS) yang dilakukan pada hari Minggu, 24 Oktober 2021. Kegiatan ini dilakukan di sepanjang jalan Sedayu Tugu Sembungharjo Genuk Semarang.“Kita mulai dari arah timur lalu berputar ke barat, tugasnya adalah memungut sampah plastik yang terlihat di sepanjang jalan”, ujar Dayat.

Alat-alat yang dibawa ketika kegiatan GPS adalah plastik hitam besar guna untuk menampung sampah yang dipungut dan setiap orang memakai sarung tangan plastik, tidak lupa pula semua orang memakai masker untuk membantu memutuskan penyebaran virus corona.

Reri Adesca (20) salah satu mahasiswi KKN dari fakultas syari’ah dan hukum yang merupakan ketua koordinasi KKN kelompok 4 menyatakan bahwa kegiatan GPS adalah yang dapat meningkatkan kesadaran para warga terutama para remaja untuk lebih peduli terhadap lingkungannya. 

“Kegiatan hari ini yaitu GPS sangat seru dan dapat menambah pengalaman baru untuk saya, dan juga kegiatan ini dapat menjadi sebuah contoh untuk para remaja agar lebih peduli terhadap lingkungannya”, ujarnya.

Sementara, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari kelompok 4 Hafidah Asni Akmalia turut memberikan semangat dan dukungan atas kegiatan yang dilakukan oleh para mahasiswa dan Gesang.

 “Semoga program berjalan dengan lancar dan tidak memberatkan, tetap jaga kesehatan dan selalu semangat semuanya,” kata Hafidah.
Dia berharap kegiatan ini dapat menambah wawasan dan pengalaman serta pertemanan para mahasiswa dengan warga sekitar.

Berikut anggota kelompok 4 KKN RDR 77 UIN Walisongo Semarang, Reri Adesca (FSH), Gatari Dimar (FSH), Maghfiroh Ayu (FSH), Rahma Puji Lestari (FSH), Labib Majid.S (FUHUM), Elsa Amelia (FSH), Sauqinilatun (FSH), Diky Kurniawan (FSH), Mega Nurjanah Setiawati (FEBI), Nur Rahmi ilahi (FEBI), Khairun Nisa (FEBI), Alwadi sabbih P (FEBI), Yulia nur ariva (FITK), M. Arif zakiyan (FITK) dan Siti Ria Larasati (FITK). (kel-4/asz)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here