Panggung Kahanan 2021 Dimulai dari Kendal, Begini Kata Fadia Pop Academy Indosiar

Panggung Kahanan putaran pertama tahun 2021 di Kendal, Rabu (21/4/2021).

SEMARANG (Sigi Jateng) – Panggung Kahanan, sebuah ruang ekspresi dan berkarya bagi para seniman yang diinisiasi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali digelar pada Ramadhan 2021 ini. Namun kali berbeda dengan tahun 2020 kemarin. Panggung Kahanan 2021 ditampilkan secara virtual namun digelar secara tour di 6 kota di Jawa Tengah. Panggung Kahanan edisi pertama diawali di Kabupaten Kendal, Rabu (21/4/2021).

Panggung Kahanan menjadi ruang alternatif bagi seniman berbagai genre di Jawa Tengah untuk mendapatkan kesempatan menampilkan karyanya di tengah pandemi Covid-19. Tour 6 kota, setelah di Kendal berlanjut ke Pati (24/4), Kota Magelang (28/4), Eks Karesidenan Banyumas (1/5), Kota Solo (5/5), dan Kota Pekalongan (8/5).

Pertama kali dihelat di tahun 2020, acara bertempat di komplek Rumah Dinas Gubernur, kemudian session 2 ditayangkan live di TVRI, sehingga dapat disaksikan secara luas oleh masyarakat.

Nah, tahun ini, Panggung Kahanan session 3 hadir dengan wajah baru. Yakni akan tour di 6 kota di Jawa Tengah dan melibatkan seniman yang berada di daerah-daerah di Jawa Tengah. Ini merupakan upaya menghidupkan kembali panggung kesenian yang mati suri karena pandemi, tentu dengan konsep yang aman dari ancaman wabah.

Mutik Nida, salah seorang musisi Kendal menuturkan bahwa Panggung Kahanan yang diselenggarakan di 6 kota sangat membanti bagi seniman untuk mendapatkan tempat menuangkan ekspresi.

“Ini sangat bagus, kalau bisa malah ditambah lagi (kota) biar tidak ada yang iri,” katanya di sela-sela acara.

Pemain kendang dangdut itu menambahkan, seniman sangat kesulitan untuk pentas di masa pandemi. Sehingga Panggung Kahanan lebih dari sekedar solusi untuk menanggapi persoalan.

“Ya lebih dari satu tahun ini pandemi. Kalau main masih, tapi harus terbatas, lesehan. Dari (Panggung Kahanan) saya berterima kasih kepada Pak Ganjar dan semua tim kreatifnya,” terangnya.

Fadia, jebolan Pop Academy Indosiar yang ikut menyumbang suara emasnya memuji acara Panggung Kahanan. Baik konsep maupun teknis.

“Acaranya keren, panggungnya keren dan sound systemnya juga bagus,” ungkapnya.

Harapannya, kegiatan tersebut terus dikembangkan karena kondisi pandemi memerlukan inovasi-inovasi agaf tetap survive.

“Sejak pandemi manggung susah ya. Jafang banget. Harapannya Panggung Kahanan dikembangkan lagi. Pokoknya asik,” tandas vokalis Behold Band. (aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini