Optimis BIsa Dapat 2 Medali Emas, Inilah Strategi dan Kekuatan Tim Sepatu Roda Jateng di PON Papua

Atlet sepatu roda pelatda PON saat dikunjungi Wakil Ketua Umum II KONI Jateng Sudarsono dan Kabid Binpres KONI Mugiyo Hartono di venue Gelora Jatidiri Semarang, beberapa waktu lalu. Foto: Ist

SEMARANG ( Sigijateng.id ) – Tim pelatih sepatu roda Jawa Tengah menatap PON XX Papua dengan optimis tinggi. Mereka optimis bisa memenuhi target yang diberikan, yakni merebut dua medali emas. Adapun cabang Sepatu roda akan berlomba di Jayapura pada 27 September – 3 Oktober 2021.

Pelatih kepala Jateng M Arif Rahman menenyatakan sampai saat ini tingkat persaingan sepatu roda di PON nanti masih kompetitif. Namun dia meyakini, mengandalkan roller senior putri Rizki Adyan Prasasti dan sejumlah atlet muda putra, Jateng mampu mempertahankan tradisi emas PON.

‘’Kami opmistis bisa meraih emas. Kami mengandalkan Kiki (Rizki Adyan), dan tim putra yang merebut emas di kualifikasi PON,’’ kata Arif dalam siaran tertulisnya yang diterima Sigijateng.id, MInggu (30/5/2021).

Pada PON Papua 2021 ini, kata Arif, Jateng akan mengikuti nomor 500 m ITT, 500 m dan 1.000 m sprint, 10.000 m Point to Point, 15.000 m eliminasi, 42 km marathon, 3.000 m relay dan 5.000 m TTT. Adapun pesaing terberat kategori putra pada PON nanti adalah Jatim. Mereka memiliki materi atlet yang komplet.

‘’Bahkan mereka diperkuat generasi atlet satu strip di bawah saya, tapi secara usia masih memenuhi syarat main di PON. Sedangkan di sektor putri, nggak usah ditanya, DKI Jakarta adalah pusat pembinaan,’’ tandasnya.

Terkait dengan try out, kata dia, pihaknya merencanakan latihan bersama dengan atlet-atlet DKI Jakarta saat TC PON nanti.

‘’Tujuan try out, pertama sebagai barometer untuk progres latihan anak-anak. Yang kedua, agar roller Jateng bisa adaptasi venue, karena track di Sunter sama dengan track yang akan digunakan PON,’’ ujar mantan roller timnas SEA Games 2011 itu.

Sementara itu, pelatih Erlangga Wibowo, Jateng mendapatkan kuota sembilan atlet, yang terdiri atas lima roller putra dan empat putri.

Kuota ini diperoleh berdasarkan hasil Pra-PON di Bekasi tahun 2019. Saat itu Jateng menempati urutan keempat dengan raihan dua medali emas, dua perak dan empat perunggu.

Dia berharap, dengan latihan intensif yang lama di track Gelora Jatidiri Semarang, digenjot fisiknya dengan bersepeda, roller Jateng bakal sukses meraih emas PON.

‘’Kami terus mematangkan kemampuan teknik mereka. Mereka juga akan dipompa daya juangnya melalui program pembangunan karakter di Banteng Raiders Semarang,’’ ujarnya. (Aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini