Miris! Perempuan Warga Jepara Ini Akhiri Hidupnya Nyebur ke Dalam Sumur, Sempat Pamit Pergi

Tim SAR gabungan mengevakuasi korban yang menceburkan diri ke dalam sumur di Desa Srikandang RT 01/05 Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara. Foto: Dok. Basarnas

Jepara (Sigi Jateng) – Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi Harmulismain (37), seorang perempuan warga Desa Srikandang RT 01/05 Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara yang menceburkan diri ke dalam sumur, Senin (9/8/2021) pukul 23.00 WIB.

Korban berhasil dievakuasi oleh tim SAR gabungan dalam keadaan meninggal dunia, Selasa (10/8/2021) selang 2 jam kemudian usai peristiwa itu terjadi.

Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto mengatakan, kronologi awal kejadian sekitar pukul 22. 30 WIB, korban berpamitan pergi kemudian keluarga mendengar suara yang berasal dari tutup sumur yang dibuka. Setelah dicek ternyata Harmulismain sudah berada di dalam sumur.

“Menurut keterangan keluarga, korban mempunyai riwayat gangguan jiwa. Diduga korban nekat menceburkan diri ke dalam sumur untuk mengakhiri hidupnya,” kata Heru melalui keterangan tertulisnya, Selasa (10/8/2021).

Atas kejadian tersebut, Kepala Kantor SAR Semarang memperintahkan Koordinator Pos SAR Jepara Whisnu Yuas memberangkatkan satu tim rescue untuk melakukan pertolongan disertai alut vertikal rescue.

“Untuk menetralisasi udara didalam sumur digunakan blower terlebih dahulu, kemudian uapaya pertolongan dengan sistem lowering, satu rescuer turun dengan menggunakan tali untuk mengikat tubuh korban, selanjutnya korban ditarik dengan sistem lifting,” katanya.

Meski kedalaman sumur hanya sekitar 30 meter, diameternya yang sempit sekitar satu meter serta kondisi sudah larut malam sempat menyulitkan tim SAR gabungan.

Tim SAR gabungan terdiri atas tim SAR gabungan antara lain Pos SAR Jepara , BPBD, Polsek, Koramil , Puskesmas, PMI, Ubaloka, Shabana , Jepara rescue , Bagana, serta masyarakat sekitar. Namun dengan usaha yang keras akhirnya dua jam kemudian korban berhasil dievakuasi. 

“Dengan berhasilnya evakauasi maka operasi pertolongan dinyatakan selesai dan tim SAR yang terlibat kembali ke kesatuannya masing-masing,” ujarnya. (Dye)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini