MIN 1 Sukoharjo Gelar MIN Fair 13 Saat Pandemi, Peserta Tetap Antusias

SUKOHARJO (Sigi Jateng) – Puncak Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Fair 13 merupakan momen yang paling ditunggu dalam acara yang digelar MIN Sukoharjo. Setidaknya ada lima kejuaraan yang diperebutkan dalam MIN Fair 13 ini. Pengumuman pemenang diumumkan secara langsung melalui kanal youtube MIN 1 Sukoharjo sehari sebelum acara puncak. Sedangkan penyerahan piala beserta hadiah diberikan pada acara puncak MIN Fair 13 yang digelar di aula MIN 1 Sukoharjo, Rabu (06/04).

Ketua Panitia MIN Fair ke 13, Ruslan Wasri Joko Raharjo mengatakan MIN Fair 13 sebagai agenda rutin yang diadakan oleh MIN 1 Sukoharjo tahun ini menginjak tahun ke-13. Meskipun kondisi sedang pandemi Covid 19, tidak menyurutkan langkah MIN 1 Sukoharjo untuk menyelenggarakan MIN Fair 13 secara daring (online). Tema yang diambil dari MIN Fair 13 adalah “Berprestasi di Masa Pandemi”.
“Kami berharap agenda ini dapat memotivasi anak-anak TK untuk terus berprestasi meskipun sedang dalam masa pandemi Covid 19,” katanya kepada Sigi Jateng.

Menurut Ruslan, ada lima cabang lomba yang diselenggarakan di MIN Fair 13 ini diantaranya pildacil, adzan, tahfidz anak, tahfidz guru, dan calistung. Meskipun sedang dalam kondisi pembelajaran jarak jauh (PJJ), ternyata tidak mengurangi minat anak-anak TK untuk mengikuti lomba di MIN Fair 13. Terbukti dari jumlah peserta yang memenuhi target masing-masing cabang lomba. Cabang lomba calistung misalnya, dari lima puluh peserta yang ditargetkan, jumlah pendaftar mencapai 71 anak dari berbagai TK/PAUD di Sukoharjo. Cabang lomba tahfidz anak pun demikian, dari target tiga puluh peserta, jumlah pendaftar mencapai 62 anak dari berbagai TK/PAUD di Sukoharjo. Demikian juga cabang lomba yang lain, menunjukkan antusiasme masyarakat terhadap MIN Fair 13 ini begitu besar.

Rangkaian acara MIN Fair 13 sudah mulai dilaksanakan sejak akhir Februari 2021 dilanjutkan sosialisasi secara daring, babak penyisihan lomba calistung, dan pengiriman video rekaman. Babak final lomba calistung dan penilaian video rekaman dlaksanakan serentak pada Sabtu (3/4/2021).

RA At Taqwa Nguter menyabet tiga kejuaraan sekaligus dalam perlombaan ini, menjadikannya sebagai juara umum pada MIN Fair 13. Perlu diketahui bahwa MIN Fair 13 memperebutkan piala bergilir Kemenag Sukoharjo serta hadiah berupa uang pembinaan jutaan rupiah. “Kegiatan MIN Fair seperti ini merupakan ajang bagi kami untuk mengenalkan MIN 1 Sukoharjo kepada masyarakat di Sukoharjo.” Kata Kepala MIN 1 Sukoharjo, Erma Nurlaila Ariyanti. Beliau sangat berharap agenda seperti ini bisa dilanjutkan di tahun-tahun berikutnya. (Riya)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here