MIK SEMAR Launching Tiga Ambulan Siaga, Siap Antar dan Jaga Warga

Rahmulyo Adi Wibowo selaku dalang MIK SEMAR dan Wakil Ketua DPRD Kota Semarang berfoto di depan Ambulan Siaga. (Mushonifin)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Anggota Grup Facebook Media Informasi Kota Semarang (MIK SEMAR) launching tiga mobil ambulan siaga untuk membantu kebutuhan medis dan pertolongan pertama bagi warga.

Dilaunching pada Rabu Sore (4/8/2021) di lapangan SMPN 14 Kota Semarang Kelurahan Pekunden Jl. Panda Tengah II No. 8 Pedurungan, Rahmulyo Adi Wibowo selaku dalang MIK SEMAR mengumumkan bahwa nama Ambulan Siaga adalah akronim dari Siap Antar Warga, akronim ‘siaga’ juga bisa diartikan siap jaga warga untuk julukan para relawannya.

“Artinya Mobil Siap Antar Warga. Sedangkan relawannya kami juga beri nama Siaga, Siap Jaga Warga,” ujar Rahmulyo yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi D DPRD Kota Semarang ini.

Tiga mobil itu sendiri terdiri dari satu unit hasil sumbangan seorang pengusaha Kota Semarang dan dua unit lainnya adalah hasil iuran anggota yang mencapai kurang lebih 200 juta rupiah.

“Kalau nominal satu mobilnya kisaran 75 jutaan, tapi pengusaha mana yang menyumbang, mohon maaf kami tidak bisa memberi tahu nama dan identitasnya. Ini pesan beliau yang tak mau disebut nama,” ujar pria yang akrab disapa Bowo itu ketika ditanya siapa identitas penyumbang mobil ambulan tersebut.

Rahmulyo menceritakan bahwa penggalangan dana untuk ketiga ambulan tersebut lewat media sosial Facebook MIK Semar yang jumlah donasinya mencapai Rp75 juta.

Selain itu, Rahmulyo juga menceritakan latar belakang alasan para anggota menginisiasi pembelian mobil ambulan tersebut. Hal itu berangkat dari keprihatinan atas lonjakan Covid-19 beberapa waktu yang lalu.

“Kemarin lonjakan Covid-19 sempat luar biasa. Kami dan teman-teman tergerak untuk donasi Mobil Siaga,” tambahnya.

Namun tentu saja mobil Siaga ini bukan hanya diperuntukkan bagi orang yang terpapar covid-19. Tapi bagi siapapun yang membutuhkan pelayanan kegawatdaruratan.

“Pastinya semua kebutuhan kegawatdaruratan akan kita layani dengan mobil ini,” ujarnya.

Warga yang membutuhkan bisa menghubungi call center Siaga di nomor https://wa.me/082115544112

“Kami siap 24 jam untuk mengantarkan pasien. Nanti dari call center yang menghubungi relawan. Poskonya di Jalan Panda Tengah No. 8,” paparnya.

Kendati tim Siaga ini mengutamakan pasien yang ada di Kota Semarang, namun tidak menutup juga untuk pasien yang ada di luar kota.

Sementara terkait tarif penanganan pasien di luar kota, dia menuturkan tidak menetapkan nominal.

“Sama-sama tahu saja, yang penting keluarga pasien tidak keberatan.” pungkasnya. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here