Meski Tak Diunggulkan, Pecatur Jateng Tetap Optimis Mampu Persembahkan Medali Emas di PON XX Papua

ilustrasi

Semarang (Sigi Jateng) – Meski bukan termasuk cabang unggulan, namun para pecatur Jateng dengan optimis dan bertekad memberikan yang terbaik serta berjuang bisa mempersembahkan medali emas untuk Jateng di PON XX 2021 Papua pada Oktober mendatang.

Hal itu disampaikan pelatih catur Jateng Agus Martoyo saat dihubungi melalui sambungan telepon selularnya,pada Jumat (17/9/2021).

Agus mengatakan, hingga saat ini seluruh persiapan para atlet catur dinilai cukup baik menjelang keberangkatan PON. Untuk mengikuti kejuaraan catur ini, para pecatur Jateng digenjot dalam jaringan atau online.

Jateng hanya bisa meloloskan empat pecatur putri, dan dua pecatur putra, sedangkan beregu putra gagal lolos. “Setiap dua pekan sekali, para pecatur dikumpulkan di Semarang untuk latihan sentralisasi. Selebihnya berlatih di rumah masing-masing di antaranya mengikuti kejuaraan online,” terang Agus.

Menurutnya, dengan sering mengikuti catur online ini, diharapkan bisa menambah pengalaman bertanding. Sebab lawannya bukan hanya pecatur nasional, namun bahkan hingga internasional.

Dia mengharapkan setidaknya satu emas bisa dibawa pulang dari cabang catur dalam gelaran event olahraga terbesar di Indonesia tersebut. Dari para atlet yang lolos ini, akan turun di 12 nomor. Nomor beregu putri catur kilat atau cepat diharapkan bisa meraih emas.

Agus menegaskan, kondisi mental anak-anak diyakini saat ini lebih baik dibanding PON sebelumnya. Meski para pecatur Jateng ini masih berusia muda, namun mereka sudah ada yang tiga kali tampil di PON.

“Terlebih, mereka sekarang sudah tidak ada beban kuliah lagi iya karena sudah lulus. Sehingga sangat diharapkan ini bisa menambah konsentrasi bermain saat bertanding di PON XX Papua nanti,” tegasnya.

Seperti diketahui, para pecatur Jateng yang lolos di PON nanti adalah Shanti Nur Abidah, Zhara Chumaira, Angel Ruth, Tiara Nugraheni, Tirto, dan Jalil. Total ada 15 emas yang dipertandingkan dalam PON nanti dan Jateng mengikuti 12 nomor.

Sementara itu, pada kejuraan PON di Jawa Barat pada tahun 2016 silam, Jateng meraih perak di nomor catur cepat beregu putri yakni atas nama Shanti Nur Abidah, Angel Ruth, Evi Yuliana, Farah Yumna, dan Zahra Chumaira Amelia. (Dye)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here