Menyimpan Keindahan,  Air Terjun Pasucen Belum Tersentuh Pembangunan 

Air Terjun di Desa Pasucen,  Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang, Sabtu (16/1/2021) (foto:agung/sigijateng)

REMBANG (SigiJateng) – Kabupaten Rembang salah satu kabupaten yang berbatasan dengan Teluk Rembang di utara, Kabupaten Tuban di timur, Kabupaten Blora di selatan, serta Kabupaten Pati di barat.  

Sebuah Kabupaten yang memiliki segudang bahkan semilyar panorama dan pesona alam yang sangat menakjubkan bagi siapa saja yang melihat langsung keindahan wisata alamnya. 

Keindahan wisata di Rembang ini belumlah seluruhnya terekspos ke publik karena masih ada beberapa wisata – wisata alam yang masih tersembunyi sehingga banyak dari traveler dan bahkan orang Rembang sendiri masih belum mengetahui objek wisata yang ada di Rembang tersebut.

Salah satunya adalah  air terjun yang masih kelihatan ‘perawan’ yang lokasinya terletak di Desa Pasucen,  Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang.

Wisata alam berupa air terjun dengan ketinggian sekitar 100 meter tersebut, sangat berpotensi dijadikan destinasi wisata baik wisatawan luar maupun lokal.

Namun sayang ‘keperawanan’ pesona alam tersebut belum tereksplorasi oleh pemerintah daerah, sebagai destinasi wisata selain wisata unggulan lainnya yang ada di kabupaten Rembang ini.

Belum tersentuhnya prospek wisata ini oleh pemerintah daerah, karena belum adanya pembangunan. Seperti akses jalan menuju ke air terjun terletak Desa Pasucen,  Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang.

Pujo salah satu pengunjung dari Desa Timbrangan mengungkapkan, air terjun ini sangat cocok dijadikan destinasi wisata. Selain air terjun masih alami, bebatuan besar   yang ada dibawah aliran sungai sangat indah sekali.

Sayang potensi wisata tersebut belum tereksplorasi, sehingga oleh masyarakat jarang dikunjungi sebagai lokasi wisata lokal khususnya.

Padahal lokasi air terjun tersebut tidak jauh dengan lokasi berdirinya pabrik Semen yang ada di Rembang.
“Dari jalan kampung masuk dengan jalan kaki jaraknya cuman 500 meter, kalau dengan pabrik semen berjarak 4 km” kata Pujo, Sabtu  (16/1/2021).

Kondisi disekitar air terjun sendiri sangat kelihatan kumuh, sampah- sampah masih terlihat berserakan,  padahal keindahan bebatuan dan tingginya air terjun tersebut sangat memanjakan mata.

Maka dari itu, Pujo sangat berharap adanya perhatian pemerintah daerah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang untuk bisa menjadikan air terjun di Desa Pasucen,  Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang sebagai destinasi wisata.
“Sayang sekali,  air terjun yang sangat indah sekali ini belum tersentuh sama sekali oleh pemerintah,” ujarnya.

Hal sama diungkapkan pengunjung dari Kabupaten Blora, Amin Istajib mengungkapkan keindahan air terjun Dongblembeng sangat cocok dijadikan destinasi wisata baru di kota Rembang. Apalagi akses masuk kelokasi tidaklah jauh.

“Saya baru pertama kali datang kesini,  tempatnya bagus sekali,  namun sayang pemerintah setempat belum bisa mengelola air terjun ini,  padahal tempatnya bagus sekali. Apalagi didukung bebatuan yang sangat besar-besar, cocok buat foto,”Ungkapnya.(Agung) 

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini