Mau Curhat ke Ganjar, Black Rhoma Purwodadi Malah Disuruh Nyanyi

Muhammad Syafii alias Rhoma Black saat bernyanyi depan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

GROBOGAN ( Sigijateng) – Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melakukan sidak di Balai Desa Panunggalan Kecamatan Pulokulon Grobogan dalam rangka melihat pembagian BST ( bantuan sosail tunai) Selasa (3/8/2021). Namun tiba-tiba Ganjar dikejutkan dengan ulah seorang pria berambut panjang, yang itu tiba-tiba memanggil Gubernur Jawa Tengah.

Pria yang diketahui sehari-hari bekerja sebagai musisi panggung itu ingin mencurahkan hatinya dengan kondisi saat ini.

“Pak saya musisi, pemain panggung. Ini gimana pak, saya berhenti ndak bisa manggung,” kata pria yang diketahui bernama Muhammad Syafii.

Ganjar pun dengan sabar menenangkan Syafii. Dia mengatakan bahwa kondisi pandemi seperti saat ini, musisi memang tidak boleh manggung menghibur.

“Ya berhenti to. Nek sampeyan manggung, yang nonton ketularan terus pripun (bagaimana). Makanya ndak manggung dulu,” jawab Ganjar.

Syafii hanya bisa mengangguk. Untuk menenangkan, Ganjar mengatakan pemerintah akan memberikan bantuan pada masyarakat yang terdampak, termasuk musisi.

“Iki oleh bantuan kan (ini dapat bantuan kan), makane ora usah manggung (makanya tidak usah manggung), nanti dibantu,” jelasnya.

Ganjar juga mengajak Syafii beralih dari manggung offline dengan manggung online. Ia meminta Syafii menciptakan lagu dan bernyanyi di kanal youtube atau facebook.

“Mbok coba mangung virtual, di youtube atau facebook gitu. Emang sampeyan biasanya menghibur gimana,” tanya Ganjar.

“Saya seniman panggung pak, ya gitaris ya vokalis. Biasanya manggung kalau ada undangan,” kata Syafii.

Mendapat jawaban itu, Ganjar langsung meminta Syafii berdiri untuk bernyanyi dan menghibur masyarakat yang sedang menunggu pembagian BST di sana.

“Biasane kalau manggung dibayar berapa?200? Yawis sekarang maju, ayo nyanyi,” jelasnya.

Warga yang hadir langsung bersorak. Kepada Ganjar, mereka mengatakan bahwa suara Syafii sangat merdu dan bagus. Suaranya mirip dengan Rhoma Irama.

“Suarane sae pak (suaranya bagus pak). Kalau di sini dia dikenal dengan julukan Black Rhoma,” teriak sejumlah warga.

Benar saja, saat Syafii atau Black Rhoma menyanyikan lagu Sebujur Bangkai karya Rhoma Irama, Ganjar begitu terpukau. Suaranya begitu merdu dan mirip sekali dengan suara sang Raja Dangdut.

Tak hanya itu, Ganjar juga meminta Syafii menyanyikan lagu lain. Beberapa lagu ia nyanyikan seperti lagu keroncong Jambu Alas dan lagu pop Malaysia berjudul Bukan Aku Tak Cinta serta Gerimis Mengundang. Cengkok suara Syafii membuat Ganjar dan puluhan warga terhanyut.

Sayang, saat lagu terakhir Syafii lupa liriknya. Ia pun tertawa dan meminta maaf pada Ganjar dan beralasan sudah lama tidak nyanyi.

“Mpun kesupen pak (sudah lupa pak), dua tahun mboten nyanyi,” kata Syafii.

Meski begitu Ganjar tetap memberikan tepuk tangan dan apresiasi. Bahkan, ia meminta ajudannya memberikan hadiah berupa uang tunai dan bingkisan. Bupati Grobogan, Sri Sumarni yang mendampingi Ganjar juga ikut memberikan uang tunai.

“Ini ya mas, semoga bermanfaat. Sing sabar memang kondisinya seperti ini. Manggung virtual ya mas, kalau bisa sambil santai njenengan nyiptain
lagu. Pasti keren,” pungkas Ganjar. (aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini