Masa Pandemi, Kampus USM Semarang Tingkatkan Layanan IT

Ilustrasi: Kampus USM di jalan Arteri Soekarno Hatta yang tampak megah. ( foto dok)

SEMARANG (Sigi Jateng) –  Pandemi Covid-10, Universitas Semarang (USM) berupaya untuk meningkatkan layanan IT dari berbagai bidang. Kampus USM Semarang memberikan peningkatan infrastruktur dengan menambah server di Gedung Menara USM 10 lantai, wifi dengan speed tinggi, ujian sertfikasi Microsoft baik bagi mahasiswa maupun dosen dan tenaga kependidikan, langganan Microsoft 365 bagi seluruh dosen, karyawan dan mahasiswa secara gratis serta peningkatan bandwidth internet menjadi 4,1 GB.


Kebijakan ini diambil menyusul pandemi covid-19 yang belum bisa dipastikan kapan berakhir. Kondisi ini memaksa semua orang untuk menggunakan perangkat teknologi informasi, mulai dari keperluan kuliah daring,  webinar, belanja on line bahkan hanpir semua sektor memerlukannya. Salah satu dampaknya, harga komputer jinjing (laptop) baru semakin hari semakin naik di angka 2 juta rupiah setiap unit.


Selain itu untuk pendaftaran mahasiswa baru, presensi dosen dan karyawan , ujian skripsi, wisuda, dan layanan tri dharma perguruan tinggi semuanya berbasis on line.


Rektor USM Andy Kridasusila menyatakan bahwa USM sangat berkomitmen mendukung pemerintah dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19 dengan pelayanan serba online.


“Guna meningkatkan pelayanan yang terbaik bagi mahasiswa, USM menambah berbagai sarana insfrastruktur diantaranya server, acces point, peningkatan bandwidth, upgrade sistem informasi, dan lain-lain” ungkap Andy, Selasa (23/2/2021).

Berita Lainnya:


Era 5.0 menjadikan Artificial Intelligence (AI), Internet of Thing (IoT) dan Big Data menjadi sangat penting utk mendukung aktivitas organisasi, termasuk perguruan tinggi. 

“Smart Campus USM mengarah pada kesiapan sivitas akademika USM untuk menjadi bagian dari kemajuan IT dan pemanfaatannya dalam berbagai aktivitas proses bisnis sehingga lulusan yang profesional, beradab, berkeindonesian, berwawasan Teknologi Informasi dan pembangunan berkelanjutan bisa diwujudkan,” pungkasnya. (Mushonifin)

Berita Terbaru:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here