Marur Hadi Peserta Terbaik Pelatihan Dasar dan Uji Keterampilan Berburu Perbakin Jateng

Marur Hadi sedang membidik target pada final shot off Pelatihan Dasar dan Uji Keterampilan Berburu di Lapangan Menembak Jatidiri Semarang, Minggu (28/2/20210.

SEMARANG (Sigi Jateng) – Pelatihan Dasar dan Uji Keterampilan Berburu yang digelar Pengprov Perbakin Jateng di Lapangan Menembak Perbakin Jateng, kompleks GOR Jatidiri Semarang, selesai Minggu (28/2/2021) sore. Dan petembak asal Nganjuk (Jatim) Marur Hadi dinobatkan sebagai peserta terbaik Pelatihan Dasar dan Uji Keterampilan Berburu Perbakin Jateng Ini. Dalam final shot off, Marur Hadi mengungguli Ari Setya (DIY) dengan poin 26-20.

Kegiatan yang digelar oleh Pengprov Perbakin Jateng berlangsung sejak Jumat (26/2) di Hotel Patra dan dilanjutkan di lapangan menembak Jatidiri, Minggu (28/2). Kegiatan Pelatihan Dasar dan Uji Keterampilan Berburu ini diikuti 37 peserta dari berbagai daerah seperti Jateng, DIY, Jawa Timur, Kalimantan Tengah dan Atambua. Pada uji praktek di lapangan, 37 peserta dibagi tujuh kelompok dengan masing-masing kelompok 5 peserta.

Kemudian Tiap kelompok diberi waktu dua menit untuk membidik sasaran berjarak 50 meter. Setelah sesi tersebut, diketahui beberapa peserta dinyatakan tidak lulus karena skornya di bawah 60. Adapun empat peserta memperoleh poin tertinggi 80 yakni Marur Hadi (Nganjuk), Ari Setya (DIY), Taufan (Tegal) dan Agung Nugraha (Surakarta).

Untuk menentukan peserta terbaik, maka keempatnya melakukan shoot off dengan lima peluru dalam waktu 120 detik. Hasilnya, Taufan menempati peringkat ketiga dan Agung keempat. Adapun Marur dan Ari memiliki nilai sama, sehingga dilakukan final shot off, dan Marur tampil sebagai pemenang sehingga dinobatkan sebagai peserta terbaik.

Atas prestasi tersebut, Marur mendapatkan ”hadiah” hasil dari pengumpulan dana spontan dari seluruh peserta. Adapun peserta yang lulus mendapatkan sertifikat untuk menjadi anggota Perbakin di wilayah masing-masing.

Babak shoot off, meskipun bukan event resmi untuk menentukan juara namun berlangsung seru seperti lomba sesungguhnya. Masing-masing peserta sangat fokus untuk membidik target agar mendapat poin tinggi. Tak jarang peserta lain seperti menjadi suporter dengan menyebut namanya agar tampil semangat.

Kegiatan ini dihadiri pengurus Pengprov Perbakin Jateng seperti wakil ketua I Helly Sulistyanto, dan juga mantan ketua Pengprov Jateng Mayjen TNI (Pur) Djoko Subroto.

Dalam Pelatsar dan Uji Kemampuan itu, ada tiga penatar yang memberikan materi teori menembak yakni

Helly Sulistyanto, dua lainnya dari PB Perbakin Heru Wasto dan Beny Martapa, juga dari Dokkes Polda Jateng dr Rahayu. Acara ini digelar dalam rangka sertifikasi petembak.

Jika peserta dinyatakan lulus dan mendapat sertifikat, maka yang bersangkutan berhak untuk memiliki senjata api. Materi pelatihan, bermacam-macam mulai dari teori hingga praktik. Peserta menjalani ujian teori pada Sabtu dan pada Minggu akan dilakukan ujian praktik. (aris)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here