Manjakan Wisatawan, Kebun Durian Antap Sari di Brebes ini Sajikan Legitnya Si Raja Buah

Kebun Durian Antap Sari berlokasi di Desa Rajawetan, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes. (Foto: Istimewa)

Brebes (Sigi Jateng) – Salah satu destinasi wisata alam Kebun Durian Antap Sari di Kabupaten Brebes menarik untuk dikunjungi. Para wisatawan bisa menyantap legitnya buah durian langsung dari kebun, serta menikmati minuman olahan dari durian montong rajawetan.

Kebun Durian Antap Sari berlokasi di Desa Rajawetan, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes. Lokasinya cukup jauh dari pusat Kota Brebes. Namun perjalanan sekitar 60 kilometer melewati perbukitan, bakal terbayar saat menikmati legitnya durian monthong langsung dari kebun.

“Berbeda dengan durian lainnya, durian montong rajawetan memiliki daging yang tebal dan biji kecil. Rasa dan tekstur durian seperti mentega berserat,” ujar Priyono, wisatawan asal Yogyakarta ini, Rabu (1/12/2021).

Berbagai jenis durian, seperti golden montong, montong, cane dan sitokong ada di kebun durian ini. Namun karena kondisi cuaca yang tidak menentu, saat ini yang tersedia hanya durian monthong.

Selain legitnya durian, wisatawan juga bisa menikmati minuman olahan dari durian. Seperti sop durian, es krim durian, dalgona kopi durian, hingga dalgona durian. Terdapat beragam rasa, seperti dalgona anggur, alpukat dan permen karet.

Salah seorang pengunjung Ali Fikri mengaku, dalgona kopi durian dengan racikan kopi, krim dan durian menjadi menu minuman wajib. Aroma kopi dan durian sangat pas untuk dinikmati.

Kebun Durian Antap Sari memiliki luas sekitar 12 hektare dan berada di ketinggian 450 meter di atas permukaan laut (mdpl). Suasana selalu ramai saat akhir pekan. Khusus akhir tahun, harga durian montong hanya Rp90.000 per kilogram.

Sedang harga untuk minuman olahan cukup terjangkau, mulai Rp5.000 hingga Rp15.000. “Kami saat ini tengah mengembangkan varietas durian musang king dari Malaysia untuk menarik para penikmat durian,” ucap Debi Afriani, pemilik Kebun Durian Antap Sari. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini