Mahasiwa KKN UIN Walisongo Gelar Webinar Moderasi Beragama

SEMARANG – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Dari Rumah (RDR) ke-77. Kelompok 21 sukses menggelar webinar moderasi beragama dengan tema “Mencegah Radikalisme dengan Memperkuat Moderasi Beragama” via Zomm Meeting pada Jum’at (15/10/2021).

Acara webinar ini dimulai pukul 14.00 WIB secara daring melalui aplikasi zoom meeting dengan partisipan yang begitu antusias dan narasumber yang hebat, yakni Ustadz Imam Khuweali, S.Ag,. penyuluh Agama Islam Honorer di Kemenag.

“Tujuan dari webinar moderasi beragama ini untuk membangkitkan semangat bangsa terutama generasi milineal dalam mewujudkan NKRI yang kuat serta maju. Begitupun pembahasan kali ini yaitu radikalisme, dimana ini perlu adanya tindakan dan mahasiswa harus punya trobosan sebagai penengah antara mereka yang ke kanan maupun kiri” kata Imam Khuweali.

Dengan demikian, mahasiswa harus punya jiwa penegah dalam menebarkan sebuah kedamaian melalui moderasi beragama. Tidak hanya itu, beliau juga menjelaskan bahwa moderasi beragama bisa dikatakan sebagai moderasi antar agama dan moderasi inter agama.

Imam Khuweali juga menyampaikan bahwa dalam moderasi beragama selalu ada pertentangan baik di agama Islam maupun di luar agama Islam, untuk itu sebagai contoh mereka yang dikafirkan akan merasa tidak menerima sangkaan itu yang akhirnya menimbulkan perpecahan, karena itu moderasi perlu adanya pemahaman agama yang kuat agar tidak terjadi perpecahan ataupun perang saudara, perang ras, atau perang suku, naudzubillah. Maka untuk itu peran agama selalu penting dalam segala hal.

Sebagai penutup Imam Khuwali menyampaikan lagi bahwa dalam berorganisasi ataupun berinteraksi itu perlu adanya ke-legowo-an. Begitupun dengan perbedaan pendapat antara satu pihak dan pihak yang lain harus berpikir dengan tenang serta mengesampingkan ego agar tidak terjadi perpecahan.

“Untuk itu adanya webinar ini diharapkan mampu memberikan ilmu kepada semua mahasiswa untuk senantiasa memiliki sikap toleransi dalam beragama, serta dapat mengamalkan ajaran moderasi beragama ini untuk terciptanya Indonesia yang aman, damai, serta saling menghargai sesamanya agar tidak ada perpecahan yang,” tutup Hidayatul Diana selalu moderator.

Webinar sukses digelar dengan situasi yang kondusif dan antusias para peserta dari berbagai kalangan mahasiswa baik semester awal maupun yang sudah semester menengah UIN walisongo Semarang. (Ika Angelina/asz)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here