Mahasiswa USM Berhasil Bikin Program untuk Pantau Distribusi Penjualan HP

SEMARANG ( Sigijarteng.id ) – Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Semarang (USM) membuatkan program Sistem Pendukung Keputusan (SPK) pemilihan HP second terlaris berbasis desktop dengan metode Moora di ONESTOP PONSEL, Jl. Kembang Jeruk Raya, Kelurahan Tlogosari Kulon, Kec. Pedurungan, Kota Semarang. Mereka adalah Maulana Ahmad Failani, Muhamad Albaihaqi Novanto, Heri Topani, dan Lutfi Ni’am.

Heri Topani mengatakan metode Moora adalah salah satu metode pengambilan keputusan dengan tingkat selektifitas yang baik dalam menentukan suatu alternatif. “Sistem yang dibuat bertujuan untuk mengetahui HP second apa yang paling banyak dibeli oleh masyarakat di toko HP ini dengan kriteria tertentu,” katanya.

Kegiatan ini juga untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah SPK agar dapat membantu sebuah usaha bisnis khususnya dalam dalam bidang IT. Dosen pengampu mata kuliah Sistem Pendukung Keputusan Saifur Rohman Cholil, S.Kom., M.Kom. berharap mahasiswanya mampu mengaplikasikan apa yang telah dipelajari di kampus untuk implementasikan ke mayarkakat. “Mampu memberikan solusi untuk masyarakat dengan cara memahami persoalan dan memberikan solusi dari permasalahan tersebut,” ujarnya.

Dalam implementasinya itu, pemilik cukup menginputkan data per kriteria yang diinginkan. Dari proses penerapan tersebut secara otomatis akan terprogram dalam sistem yang telah dibuat dengan metode Moora untuk pemilihan HP second terlaris di ONESTOP PONSEL Semarang.

Penerapan sistem tersebut disambut baik oleh pemilik dan pegawai toko, “Sistem yang dibuat oleh mahasiswa USM ini sangat memudahkan saya dalam mengetahui HP second merk apa yang paling laku di lingkungan masyarakat disini,” ujar Ilham, salah satu pegawai toko.

Hasil akhir dari sistem ini berupa perangkingan untuk merk HP second terlaris yang sudah sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan oleh pemilik ataupun pegawai toko. (asz)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here