Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Gelar Upacara Hari Santri Nasional di Ponpes Life Skill Daarun Najaah

SEMARANG (Sigijateng.id) – KKN RDR 77 UIN Walisongo Semarang Kelompok 74 menggelar Upacara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 pada Jumat (22/10). Upacara ini diisi dengan Upacara Bendera dan pembacaan sambutan dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Ponpes Life Skill Daarun Najaah.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan bahwa peringatan HSN 2021 mengangkat tema Santri Siaga Jiwa Raga yang merupakan bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela Tanah Air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia.

Tema Santri Siaga Jiwa Raga menjadi sangat penting dan relevan di era pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) seperti sekarang ini, dimana kaum santri tidak boleh lengah dalam menjaga protokol kesehatan 5M+1D (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, Mengurangi Mobilitas, dan Doa).

Upacara ini dimulai pukul 07.00 dan berakhir pukul 08.00 yang hanya dihadiri oleh mahasiswa KKN Kelompok 74 dan santri beserta pengasuh Ponpes Life Skill Daarun Najaah. Anggota mahasiswa KKN kelompok 74 yang ikut yakni Farah Ayu Afdhila Syahrizza, Kismunthofiah, Novita Khoirunisa, Silvia Nur Azizah, Tatim Musholichah, Alya Alvatia Kartubi, Anis Marlaeni, Farras Khirzi Khanifah, Eka Dini Harianti, Irda Dwi Fibriana, Muhammad Harissuddin, Dewi Masyitoh, Eka Nur Fitriyani, Evi Widia Astuti, Norma Fitriani. Upacara juga berlangsung dengan khidmat dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

“Upacara hari santri tahun 2021 ini sangat berkesan,” kata kata Farah selaku koordinasi kelompok 74 KKN RDR 77 UIN Walisongo Semarang.

Dikatakan berkesan, kata Farah, karena tema peringatan hari santi tahun ini, yakni santri siaga jiwa raga. Selain itu, upacara digelar di Ponpes Life Skill Daarun Najaah yang merupakan salah satu dari 15 pesantren di Jawa Tengah yang mendapatkan predikat duta pondok pesatren jogo kyai jogo santri dalam penanganan covid 19.

“Semangat santri life skill sangat luar biasa, yang ditunjukkan sejak diselenggarakannya lomba rangkaian hari santri,” tambah Farah.

Upacara ini merupakan puncak dari rangkaian acara Semarak Hari Santri Nasional yang sudah diadakan oleh Kelompok 74 sebelumnya. Kelompok 74 telah menggelar banyak lomba, salah satunya yaitu ranking 1. Lomba ini merupakan kompetisi bagi santri yang bertujuan untuk mengasah kembali pengetahuan umum dan agama yang dimiliki. (kel 74/asz)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini