Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Bagikan Masker dan Handsanitizer di Pasar Karangayu

SEMARANG (Sigijateng.id) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Dari Rumah Angkatan 77 UIN Walisongo Semarang membagikan masker dan handsanitizer gratis ke beberapa pedagang dan pembeli di Pasar Karangayu Desa Karangayu Kec. Semarang Barat Kota Semarang (Jum’at, 15/10). Handsanitizer yang dibagikan merupakan produksi mahasiswa KKN Kelompok 74 pada hari sebelumnya.

Eka Dini, Penanggungjawab Pembagian Masker dan Handsanitizer dari Kelompok 74 KKN UIN Walisongo Semarang mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat khususnya para pedagang dan pembeli agar tetap menjaga protokol kesehatan.

“Pembiasaan memakai masker dan menggunakan handsanitizer saat berada diluar rumah maupun saat berinteraksi dengan orang lain dinilai dapat memutus rantai penyebaran Covid-19 khususnya di lingkungan ramai seperti di lingkungan pasar,” katanya.

Dikatakan Eka Dini , masker dan handsanitizer merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting di masa pandemi. Keduanya menjadi salah satu upaya untuk menjaga diri dari virus dan bakteri khususnya bagi masyarakat yang sering berinteraksi dan berkontak fisik dengan orang lain seperti pedagang dan pembeli yang berada di lingkungan pasar.

“Walaupun Kota Semarang sudah memasuki PPKM level 2, masyarakat tidak boleh lengah dan harus tetap mematuhi protokol kesehatan,” katanya.

Kegiatan ini berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu dengan memakai masker dan menjaga jarak. Mahasiswa juga menyebar ke sisi pasar dengan target pedagang yang tidak memakai masker. Pukul 09.00 WIB, kegiatan sudah usai dan mahasiswa mengucapkan terimakasih kepada pihak pasar kemudian kembali ke tempat tinggal masing-masing.

“Pembagian masker dan handsanitizer gratis ini kami adakan untuk mengingatkan masyarakat agar mereka tidak lengah dengan keadaan yang mulai membaik ini, khususnya kepada pedagang dan pembeli yang berada di lingkungan pasar yang selalu ramai,” ucap Eka Dini.

Aminah (57), pedagang di Pasar Karangayu memberikan apresiasi kepada mahasiswa KKN. “Masker yang saya gunakan sudah lama dan belum mendapat masker baru dari pemerintah. Kami biasanya juga diberi masker oleh satpol PP dan petugas yang menertibkan protokol kesehatan mbak”. Ucap penjual daging ayam di tepian jalan Pasar Karangayu.

Aminah juga mengaku, bahwa pedagang Pasar Karangayu sudah masuk kriteria tertib dalam penggunaan masker. Petugas juga hampir setiap Senin hingga Jumat menertibkan prokes. Namun dalam survei kelompok, masih banyak pedagang yang lengah sehingga tidak sedikit yang mendapat teguran petugas. Beberapa pedagang belum mengetahui handsanitizer dan cara pemakaiannya secara meluas, sehingga perlu adanya edukasi kembali. (Alya Alvatia/asz)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here