Mahasiswa KKN UIN Walisongo Gelar Kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad di Pati

PATI (sigijateng.id) – Mahasiswa KKN RDR ke-77 UIN Walisongo Kelompok 107 melakukan kegiatan ngaji budaya sekaligus memeriahkan Maulid Nabi Muhammad SAW yang berpusat di Desa Bodeh Kecamatan Pucakwangi Kab. Pati tepatnya di Mushola Al-Ikhlas, Ahad (17/10/2021).

Acara ini mengusung tema “Peran Walisongo dalam Menyebarkan Agama Islam di Tanah Jawa”. Kegiatan ini dilaksanakan secara offline di Mushola Al-Ikhlas dan disiarkan langsung melalui streaming Instagram dan Facebook dengan dihadiri oleh masyarakat umum, dan menggaet IPNU/IPPNU Ranting Triguno dan Ranting Bodeh.

Kegiatan ini dirangkai dengan acara barzanji Maulid dan dilanjutkan dengan penyampaian Mauidhoh Hasanah oleh KH. Shofwan, Ahli agama di daerah setempat.

Dalam ceramahnya KH. Shofwan menyampaikan, umat Islam memang perlu meneladani para Walisongo dalam penyebaran agama Islam di Nusantara ini.

“Kita adalah anak cucu bimbingan walisongo dengan tuntunan rohani yang islami dan tetap dengan kelestarian budaya yang ada di tanah jawa, tanpa harus fanatik dan meninggalkan budaya warisan kita sendiri,” kata Kiai Shofwan

Sementara, Syamsul Maarif, Koordinator Kelompok 107 dalam sambutannya menuturkan bahwa kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai wujud meningkatkan spiritual dan rasa cinta kepada Nabi Muhammad Saw.

“Walaupun di tengah keterbatasan, karena covid-19, Peringatan Maulid ini sebagai bentuk ikhtiar kecintaan kepada Nabi Muhammad Saw,” kata Syamsul.

Syamsul mengatakan, pasca kegiatan ini diharapkan umat Islam bisa semakin senang dan cinta dalam meneladani sifat Nabi Muhammad SAW. (trihana/asz)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here