Mahasiswa KKN RDR UIN Walisongo Ikut Sukseskan Vaksinasi di Bangetayu Wetan Semarang

SEMARANG (Sigijateng) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang (UIN Walisongo) Kelompok 4 menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di Kelurahan Bangetayu Wetan, Kac Genuk, Kota Semarang.

Dalam kegiatannya yang berlangsung mereka fokus ikut membantu program pemerintah dalam melakukan vaksinasi sebagai penanganan dari pandemi COVID-19.

Koordinator Kelompok 4, Reri Adesca mengatakan bahwa kegiatan KKN didahului dengan identifikasi masalah yang dihadapi oleh masyarakat setempat.

Sedangkan identifikasi masalah itu dilakukan dengan berkoordinasi dengan perangkat Kelurahan Bangetayu Wetan, Kac Genuk, Kota Semarang.

“Salah satu permasalahan yang ada di lapangan yaitu ketakutan masyarakat untuk melakukan vaksin dan dampak setelah vaksin,” kata Reri, Selasa ( 10/10/2021)

Padahal, saat ini vaksinasi menjadi salah satu program pemerintah di tengah situasi pandemi COVID-19. Vaksin diyakini dapat menumbuhkan antibodi agar kondisi tubuh dapat beradaptasi dengan adanya virus.

Hal serupa juga dilakukan oleh berbagai negara yang sama-sama menghadapi serangan pandemi COVID-19.Dari permasalahan yang diidentifikasi itu, para mahasiswa KKN Kelompok 4 UIN Walisongo Semarang gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk menghilangkan kekhawatiran untuk menerima vaksin. Salah satunya adalah menangkal hoax yang banyak beredar yang membuat masyarakat takut untuk divaksin.

Tidak hanya berhenti pada penyuluhan, Kelompok 4 KKN UIN Walisongo Semarang melakukan pembagian masker, handsanitizer, pembuatan alat pencuci tangan, penyemprotan disenfektan serta pendampingan tenaga kesehatan dalam melaksanakan vaksinasi di Kelurahan Bangetayu Wetan, Kecamatan Genuk Kota Semarang.

“Tujuan dari Kelompok 4 KKN UIN Walisongo Semarang adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Kelurahan Bangetayu Wetan akan pentingnya vaksinasi, sehingga dapat menyukseskan program pemerataan vaksinasi pemerintah terlebih di Kota Semarang,” kata Reri lagi.

Sementara, Muchlis selaku sebagai Ketua RT 001 Kelurahan Desa Bangetayu Wetan menyatakan apresiasinya terhadap kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa itu.

“Dibutuhkan andil dari generasi muda seperti Kelompok 4 KKN UIN Walisongo Semarang untuk menjadi problem solving terkait permasalahan hoax yang tersebar di masyarakat terkait vaksin. Harapannya di Desa Bangetayu Wetan, Semarang muncul generasi muda yang peduli terhadap kepentingan umum,” Ungkapnya.

Kegiatan KKN di Desa Bangetayu Wetan itu diikuti oleh Reri Adesca selaku koordinator kelompok 4, dan dengan anggotanya Gatari Dimar, Maghfiroh Ayu, Rahma Puji Lestari, Labib Majid.S, Elsa Amelia, Nisrokhah Diyah, Diky Kurniawan, Mega Nurjanah Setiawati, Nur Rahmi ilahi, Khairun Nisa, Alwadi sabbih P, Labib Majdi Siregar, Yulia nur ariva, M. Arif zakiyan, Siti Ria Larasati.

Sedangkan sebagai dosen pembimbing lapangan di kelompok ini adalah Hafidha Asni Akmalia M, Sc. (r adesca/asz)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here