Mahasiswa KKN Kelompok 5 UIN Walisongo Semarang Gelar Webinar Moderasi Beragama Hadirkan Gus Faqih

SEMARANG ( Sigijateng.id) – Mahasiswa KKN Mandiri Inisiatif Terprogram Dari Rumah XII UIN Walisongo Semarang Kelompok 5 menggelar acara webinar, Rabu (14/7/2021). Webnar mengusung teman Moderasi Beragama di Tengah Pandemi.

Acara ini disiarkan secara daring melalui Aplikasi Zoom Webinar ini menghadirkan Gus M. Faqih Mubarak, pengasuh Pondok Pesantren Roudlotuth Thullab Wonosobo sebagai narasumber dengan Keynote Speaker Widayat Mintarsih, M.Pd, selaku Dosen Pendamping Lapangan. Sebagai moderatnya yakni Hakim Baihaqi dan dihadiri puluhan peserta dari berbagai daerah.

Dalam sambutannya, Widayat Mintarsih, M.Pd menyampaikan bahwa moderasi beragama sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan di tengah pandemi ini.

“Moderasi beragama merupakan istilah yang sangat fenomenal serta mengarah pada sikap moderat, karena bagaimanapun juga sikap moderat dalam beragama ini harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar tercipta kerukunan antar umat beragama, apalagi dalam pandemi seperti ini,” ungkapnya.

Dia juga menyampaikan bahwa sikap moderasi beragama ini sangat penting untuk dibahas karena disebabkan kemajemukan dan multikulturalisme yang ada di masyarakat agar nantinya bisa menciptakan cara pandang dan sikap beragama yang lebih baik.

Dilanjutkan pemaparan materi dari narasumber, Gus M. Faqih Mubarak menyampaikan, tema tersebut sangat menarik untuk dibahas karena sikap moderasi beragama memiliki kedudukan yang strategis dan penting dalam kehidupan masyarakat.

“Kehidupan bermasyarakat itu benar-benar harus mempunyai sifat moderasi, dan sifat itu harus benar-benar di dapatkan dari pembelajaran dan pengalaman. Sikap terbaik dalam mewujudkan sikap moderasi bisa dilakuan dengan berbagai cara, salah satunya adalah mengendalikan emosi dan tidak melewati batas, mengingat akhir-akhir ini banyak aturan pembatasan yang di keluarkan oleh pemerintah,” katanya.

Faqih juga berpesan kepada Mahasiswa selaku calon penerus bangsa Indonesia agar bisa menjadi contoh yang baik dalam bersikap moderat di masyarakat.

“Kita hidup ditengah masyarakat, dan belum tentu masyarakat tahu betul bagaimana sikap yang moderat itu, maka kalian sebagai mahasiswa harus mampu menjadi contoh terdepan dalam menjalankan kehidupan yang moderat,” tutupnya.

Acara di akhir dengan doa bersama yang langsung dipimpin oleh Gus M. Faqih Mubarak sekaligus dilanjutkan dengan sesi foto bersama dengan peserta. (*/asz)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini