Mahasiswa KKN Kelompok 31 UIN Walisongo Temukan Warga Guntur Bungkus Daging Kurban dengan Daun Pisang

SIGIJATENG.ID – Hari Raya Idul Adha merupakan momentum adanya tradisi penyembelihan hewan kurban. Pada Hari Raya Idul Adha 1442 H ini, salah satu anggota kelompok 31 KKN MIT-DR UIN Walisongo Semarang Mustagfirin Ansor ikut berpartisipasi dalam acara pelaksanaan penyembelihan hewan kurban.

Penyembelihan hewan kurban itu dilaksanakan di masjid Al-Hasan Desa Blerong, kecamatan Guntur kabupaten Demak, hari Selasa, 20/07/2021 dimulai pukul 08.00 WIB sampai waktu Dhuhur.

Jumlah hewan kurban yang disembelih pada saat itu 3 ekor sapi dan 7 ekor kambing. Daging hewan kurban ini nantinya akan dibagikan ke seluruh masyarakat desa Blerong. Seluruh masyarakat ikut berpartisipasi dalam penyembelihan hewan kurban ini.

Salah satu warga mengungkapkan bahwa sangat bersyukur sekali dengan penyembelihan hewan qurban ini, apalagi saat-saat ini masih dalam keadaan pandemi covid, sehingga merasa terbantu dengan adanya penyembelihan hewan qurban ini.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, penyembelihan hewan kurban ini warga sekitar memilih menggunakan daun pisang sebagai pengganti pembungkus daging, agar tidak menggunakan plastik sebagai wadah daging qurban melainkan menggantinya dengan daun pisang sebagai pengganti plastik.

“Kantong plastik berwarna terutama warna hitam sangat membahayakan bagi kesehatan dan juga lingkungan. Untuk itu kenapa pakai daun pisang karena lebih mudah di temukan di sekitar sini sehingga memudahkan masyarakat untuk mencarinya,” Kata Mustagfirin Ansor anggota KKN kelompok 31 , Selasa ( 20/07/2021).

Tak hanya itu Mustagfirin Ansor, penggunaan kantong plastik juga tidak baik untuk daging yang akan dikonsumsi manusia secara jangka panjang

Salah seorang warga penerima daging hewan kurban Ibu Sri mengatakan baru tahun ini pengemasan menggunakan daun pisang. “Ya tidak apa-apa sih lebih praktis,dan menarik. Menurut warga penggunaan daun pisang pun terlihat lebih menarik dan hemat biaya,” kata Sri. (*/asz)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here