Mahasiswa IAIN Surakarta Belajar Langsung Ilmu Hukum di Kantor Advokat Sugiyarto

Mahasiswa Fakultas Syariah Belajar Langsung di Kantor Advokat Sugiarto, Rabu (8/9/2021) (Foto:agung/sigijateng)

BLORA (Sigi Jateng) – Kantor Pengacara ternama di Kabupaten Blora Jawa Tengah Sugiyarto, SH, MH menerima sejumlah Mahasiswa dari IAIN Surakarta untuk melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Bertempat di Kantor Sugiyarto Advocates dan Legas Consultant yang berada di Desa Pudak, Kecamatan Ngawen Blora, Empat Mahasiswi Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (HES) Fakultas Syariah IAIN Surakarta diajari bagaimana memahami tugas, wewenang dan tanggung jawab serta bentuk-bentuk kegiatan di ruang lingkup di kantor Advokat dan Konsultan Hukum.

Mahasiswi peserta PPL juga ikut serta dalam diskusi, menganalisa dan membantu pemberkasan kasus hukum. Dalam menjalani PPL Mahasiswa membantu meneliti dan mempersiapkan kasus gugatan.

Keempat Mahasiswi tersebut adalah Lulu Ii Fikria, Zidna Dwi Ningsih, Nurkhayati Sholikah dan Anita Puspitasari.

Lulu salah satu mahasiswa PPL mengatakan, dirinya tertarik belajar PPL bersama Advokat Sugiyarto karena mempunyai tantangan tersendiri bagaimana belajar cara menangani kasus di luar lapangan serta di dalam pengadilan.

“Selama ini kita hanya tau dari dosen – dosen saja, bagaimana bahwasanya pengacara di pengadilan hanya seperti ini, dan hanya tau teorinya saja. Namun berhubung tadi kita sudah praktik secara langsung jadi tau bagaimana tugas pengacara yang bener itu seperti ini lho, tugas hakim seperti ini lho, jadi kita tau secara peraktiknya itu disini,” Ujar Lulu, Rabu (8/9/2021).

Dirinya pun berharap dengan belajar ilmu hukum secara langsung di ahlinya, ia bisa lebih banyak mendapat gambaran permasalahan-permasalahan hukum sesungguhnya di lapangan.

“Semoga dengan PPL langsung disini, bisa menambah wawasan ilmu hukum kita. Bagaimana dalam menangani perkara hukum, membela klien hingga bisa memenangkan kasus,” harapnya.

Sementara itu, Sugiyarto menjelaskan seorang Advokat harus berperilaku jujur, dan bertanggung jawab, serta berani tegas dan berwibawa.

Tak hanya itu dirinya juga menekankan jadi Lawyer tidak mudah karena banyak anggapan negatif dari masyarakat.

“Kalau itu terjadi, ingatkan itu bukan kita, tapi oknum-oknum yang hanya ingin memanfaatkan dari berbagai persoalan hukum yang berjalan,” jelasnya.

Karena masih dalam situasi di tengah pandemi Covid-19 seperti ini, Kantor Sugiyarto Advocates & Legal Consultants dalam melayani klien selalu menerapkan protokol kesehatan yang telah ditentukan Pemerintah untuk mencegah dan mengendalikan adanya penularan dari Virus Corona.(Agung)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini