Lifter Putri Jawa Tengah, Ayu Permatasari Sukses Raih Medali Emas di PON XX Papua

Lifter Jawa Tengah Diah Ayu Permatasari berhasil menyabet emas di cabor angkat besi PON XX Papua.

Jayapura (Sigi Jateng) – Lifter Jawa Tengah Diah Ayu Permatasari tak kuasa menahan tangis bahagia usai berhasil mengangkat barbel seberat 120 kg di angkatan clean and jerk, dalam cabor angkat besi PON XX Papua yang berlangsung di Auditorium Universitas Cendrawasih, Jayapura, Jumat (8/10/2021).

Saat berada di ruang pemanasan, Ayu masih terus menyeka wajah berulangkali yang berurai air mata. Di angkatan clean and jerk inilah yang memastikan Ayu mampu menyabet medali emas PON Papua cabang angkat besi kelas 76 kg putri.

Ayu sukses mengangkat barbel seberat 95 kg pada angkatan snatch dan 120 kg di clean and jerk, di event PON XX Papua yang diikuti empat lifter. Sebelumnya di babak Pra-PON 2019 kelas 76 kg putri, angkatan snatch terbaik Ayu adalah 103 kg, sedangkan clean and jerk 112 kg.

Atas hasil tersebut, Ayu bukan saja menggaet emas, tapi juga memecahkan rekornas untuk angkatan clean and jerk yang dicapainya di Pra-PON. “Alhamdulillah, senang dan bahagia banget. Perjuangan keras selama ini terbayar sudah di sini,” ucap Ayu.

“Maturnuwun kepada keluarga besar saya, pelatih, pengurus, masyarakat Jateng dan khusus kepada almarhum bapak dan ibu yang selalu mendoakan saya. Emas saya persembahkan untuk keduanya yang sudah tiada,” sambungnya.

Emas PON Papua merupakan emas keduanya di ajang PON. Sebelumnya dalam PON Jabar 2016, atlet kelahiran Semarang 3 Juni 1995 ini juga merebut emas saat masih di kelas 75 kg putri. Kelas 76 kg putri baru dipertandingkan di PON Papua.

Disinggung terkait obsesinya yang belum terwujud, pengagum Lidia Valentin Perez, lifter Spanyol peraih emas Olimpiade London 2012 itu berharap diberi kesempatan bisa tampil multi event bergengsi seperti SEA Games.

Selain itu, dia juga mendambakan bisa diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) seperti rekan atlet Jateng lainnya yang sebelumnya mempersembahkan medali emas PON. “Semoga prestasi saya ini diperhatikan oleh pemangku kepentingan. Ya bisa menjadi PNS adalah impian sejak lama demi masa depan saya,” harapnya. (Dye)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here