Life Skill Daarun Najaah Umumkan Pemenang Lomba Da’i dan Shalawat Virtual Nasional

Pelaksanaan kegiatan Penutupan Lomba Festival Da’i dan Shalawat Virtual tingkat nasional dalam rangka Haul dan Haflah Life Skill Daarun Najaah Ke-9 melalui Zoom Meeting.

SEMARANG ( Sigijateng.id ) – Pesantren Life Skill Daarun Najaah menggelar penutupan sekaligus pengumuman pemenang Lomba Festival Da’i dan Shalawat Virtual tingkat nasional dalam rangka Haul dan Haflah Life Skill Daarun Najaah Ke-9 di Mushollatorium Attaqy yang juga disiarkan secara langsung melalui aplikasi konferensi Zoom Meeting, pada Kamis (29/04/2021).

Dr. KH. Ahmad Izzuddin, M.Ag. selaku pengasuh Pesantren Life Skill Daarun Najaah menyampaikan bahwa kegiatan Lomba Da’i dan Shalawat virtual ini adalah sebagai upaya semangat kalangan pesantren untuk bisa memberikan ruang-ruang pada dunia maya berupa dakwah shalawat dalam membersamai lonjatan peradaban.

Pergelaran penutupan sekaligus pengumuman pemenang Lomba Festival Da’i dan Shalawat Virtual tingkat nasional dalam rangka Haul dan Haflah Life Skill Daarun Najaah Ke-9 di Mushollatorium Attaqy dan aplikasi Konferensi Zoom Meeting. (Foto: Dok. Life Skill)

“Santri jangan sampai ketinggalan dalam mengikuti era perkembangan teknologi saat ini. Dalam perkembangan ini kemudian ada istilah pandemi Covid-19 yang tentunya kegiatan virtual menjadi salah satu alternatif untuk membangun silaturahmi,” ungkap dosen UIN Walisongo tersebut. Beliau kemudian berharap kegiatan ini mendapatkan keberkahan dan menjadi wasilah semangat untuk tetap sehat.

Penutupan lomba virtual ini juga diapresiasi oleh Drs. H. Muhdi, M.Ag. sebagai Kepala Kementerian Agama Kota Semarang, Budi Santoso sebagai pimpinan Bank Muamalat Cabang Semarang, H. Mustain Ahmad, S.H., M.H. sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Tengah, Drs. H. Masrokhan, MPA. sebagai Irjen Kementerian Perindustrian RI, Ir. Hj. Hevearita Gunaryanti Rahyu sebagai Wakil Walikota Semarang, dan KH. Taj Yasin Maimoen sebagai Wakil Gubernur Jawa Tengah beserta para dewan juri, yakni Dr. KH. M. Arja Imroni, M.Ag., Ust. Rikza Chamami, M.Si., Ustz. Fitri Kholilah, S.H.I., M.H., Prof. Dr. KH. Abdurrahman Mas’ud, MA., Dr. KH. Muhsin Jamil, M.Ag., dan Ust. Muhammad Munawwir, S.H.I.

Dalam sambutannya, Drs. H. Muhdi, M.Ag. sebagai Kepala Kementerian Agama Kota Semarang berharap kegiatan ini mampu memunculkan para calon penyiar agama dan penggemar shalawat. “Semoga terpilih para calon-calon penyiar agama Islam dan juga terwjudnya penggemar shalawat yang selalu melantunkan shalawat kepada Nabi di mana pun dan kapan pun sekaligus menyampaikan risalah rasul. Semoga ini menjadi amal jariyah pengasuh,” tutur kepala Kemenag Kota Semarang tersebut.

Sedang Drs. H. Masrokhan, MPA. sebagai Irjen Kementerian Perindustrian RI berharap dengan terlaksananya lomba virtual ini akan lahir kader-kader umat yang akan terjun di tengah-tengah masyarakat untuk menyampaikan nilai-nilai agama beserta nilai-nilai keindonesiaan. Adapun menurut Ir. Hj. Hevearita Gunaryanti Rahyu sebagai Wakil Walikota Semarang mengungkapkan bahwa pandemi Covid-19 meniscayakan untuk merubah perilaku sosial masyarakat namun tidak mengurangi nilai kreativitas. Selain itu, beliau juga menuturkan bahwa Pemerintah kota semarang akan terus memberikan dukungan dan peluang-peluang positif kepada pondok pesantren.

Mengutip pada UU No. 18 Tahun 2019 tentang pesantren, H. Mustain Ahmad, S.H., M.H. sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Tengah menyampaikan bahwa adanya fungsi pemerintah dalam mengawal pesantren sebagai entitas dalam fungsi pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan, mengharapkan kepada pesantren-pesantren yang melaksanakan kegiatan semacam ini akan menjadi institusi yang akan memeperkuat posisi bangsa yang berada di tengah persaingan dunia dewasa ini.

“Selamat dan sukses dirgahayu kepada pesantren Life Skill Daarun Najaah semarang yang melaksanakan Haul dan Haflah. Semoga diusia yang ke-9 ini menjadi pijakan yang berguna, yang kuat bagi pesantren untuk menggapai prestasi-prestasi yang lebih membanggakan ke depan, lebih bermanfaat kepada umat, dan membawa keharuman nama bangsa dan negara di samping juga sebagai syiar agama,” ungkap beliau.

Adapun pemenang lomba Da’i Virtual tingkat nasional ini adalah: Eksan Budi Utama dari UKM Jam’iyah Halaqoh Al-Quran (JQH) Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang sebagai Juara 1, Miftahul Janah dari Pondok Pesantren Life Skill Daarun Najaah sebagai Juara 2, dan Moh. Fathul Ikhsan dari Pondok Pesantren Blokaung, Banyuwangi sebagai Juara 3.

Sedang pemenang lomba Festival Shalawat Virtual tingkat nasional adalah: Group Shalawat ISBAM Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh Malang sebagai Juara 1, Group Shalawat Ad-Dhufuf Pondok Pesantren Hidayatut Thullab Kediri sebagai Juara 2, dan Group Shalawat Alfu Lail Masjid Al Muhajirin Semarang.

Untuk juara favorit Festival Shalawat Virtual tingkat nasional dimenangkan oleh Group Shalawat Mazayatus Sholawat Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Quantum Qolbu Tresnorejo Pertanahan Kebumen dengan perolehan durasi tayang selama 142,5 jam, 6482 viewers, dan jumlah like sebanyak 2626. (Penulis: Harlianor, Santri Life Skill Daarun Najaah/aris)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here