Lagi, UIN Walisongo Pecahkan Rekor MURI, Kali Ini Tentang Ajakan Vaksinasi Covid 19

Penyerahan Sertifikat MURI yang diterima Resktor UIN Walisongo Prof. Dr. Imam Taufiq, M.Ag, Kamis (5/8/2021)

SEMARANG ( sigijateng.id )– Museum Rekor Dunia (MURI) Indonesia kembali memberikan rekor untuk UIN Walisongo Semarang. Pemberikan rekor yang terkait sosialisasi protokol kesehatan dan vaksinasi itu dilakukan secara virtual oleh mahasiswa terbanyak 6.052, Kamis (5/8/2021).

MURI Prof. Jaya Suprana mengucapkan selamat kepada UIN Walisongo atas capaian tersebut. UIN Walisongo telah berkontribusi nyata sebagai tempat lokasi vaksinasi dan isolasi mandiri terpusat sehingga kiprahnya patut diakui.

“UIN Walisongo membentuk relawan vaksinasi covid dan terjun langsung untuk ke masyarakat bagi yang belum divaksin. MURI dengan bangga menganugerahkan poster prokes dan virtual karya mahasiswa terbanyak,” kata Jaya, dalam sambutannya, Kamis (5/8/2021).

Rekor MURI untuk UIN Walisongo berhasil mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang Universitas Muhammadiyah Tangerang dengan poster sosialisasi prokes sebanyak 2.528. Dengan demikian, rekor MURI untuk UIN Walisongo menjadi 5. Rekor pertama yaitu kuadran terbesar, konfigurasi MOB terbanyak, konferensi virtual lintas negara terbanyak dan unggahan moderasi beragama oleh mahasiswa terbanyak.

Rektor UIN Walisongo Prof. Dr. Imam Taufiq, M.Ag mengapresasi rekor MURI ini. Menurutnya, kontribusi dari mahasiswa baru ini bukan sekedar penambah capaian prestasi bagi sivitas akademika.

Lebih dari itu, mahasiswa berkontribusi nyata pada persoalan aktual yang dihadapi oleh masyarakat yakni pandemi covid-19.

“Unggahan masif poster sosialisasi protokol kesehatan dan vaksin secara virtual ini merupakan langkah strategis untuk memberikan edukasi pentingnya menjaga protokol kesehatan dan vaksinasi untuk memutus rantai penyebaran virus covid-19,” ujar rektor.

Dijelaskan Rektor, ada dua makna yang dapat dipelajari dari anugerah MURI. Pertama, terkait dengan respon tanggap dan cakap digital yang ditunjukkan para generasi muda walisongo (GenWa) melalui unggahan poster sosialisasi protokol kesehatan dan vaksin.

“Optimalisasi media dan teknologi informasi menjadi persoalan urgent belakangan ini. Tidak hanya dimanfaatkan sebagai ruang interaksi dan komunikasi selama masa pandemi ini saja, namun ketrampilan digital ini juga menjadi prasyarat bagi para GenWa untuk merespon tantangan global di era 4.0,” katanya.

Sementara poin penting kedua terkait dengan upaya refreshment edukasi protokol kesehatan dan vaksin menggunakan desain interaktif dan kreatif yang diunggah melalui media digital.

“Para GenWa dapat menjadi teladan terkait pentingnya sifat adaptif dalam merespon kondisi pandemi bagi para generasi millenial lainnya serta masyarakat pada umumnya,” tambahnya.

Penyerahan Rekor MURI diserahkan oleh penanggung jawab MURI Semarang Ari Andriani kepada Rektor UIN Walisongo dan Presiden DEMA UIN Walisongo. (aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini