Kuliah Pascasarjan UIN Walisongo Semarang, Murah dan Mudah

Poster Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Pascasarjana UIN Walisongo Semarang . (Dok. Humas Pascasarjana UIN Walisongo)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Pascasarjana UIN Walisongo Semarang membuka Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Seleksi Khusus Jenjang S2 dan S3 semester gasal Tahun Ajaran 2021/2022.

Program studi yang dibuka antara lain; Program Magister (S-2) yang mencakup Ilmu Agama Islam, Ekonomi Syariah, Ilmu Falak, Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pendidikan Islam, dan Komunikasi Penyiaran Islam yang disiplin ilmunya linier dengan S1 serta perkuliahan dan pengelolaan administrasinya diselenggarakan di fakultas. Sementara itu, Program Doktor (S3) membuka Program Studi S-3 Studi Islam.

Bagi dosen tetap UIN Walisongo disediakan beasiswa berupa keringanan SPP S3 Sebesar 50%. Sementara Bagi wisudawan S1 dan S2 tingkat fakultas/pascasarjana di lingkungan UIN Walisongo yang ingin langsung melanjutkan studinya ke jenjang berikutnya secara berturut-turut (tanpa cuti) diberi kesempatan beasiswa SPP sebanyak 4 semester (S2) dan bebas SPP sebanyak 6 semester (S3).

Bagi wisudawan S1 dan S2 ber-IPK 3,8 atau lebih dari UIN Walisongo yang ingin langsung melanjutkan studinya ke jenjang berikutnya diberi kesempatan beasiswa bebas SPP sebanyak 1 semester pada jenjang berikutnya.

Bagi calon mahasiswa yang memiliki hafalan al-Quran 30 juz dari Perguran Tinggi terakreditasi diberi kesempatan beasiswa bebas SPP sebanyak 4 semester (untuk program Magister) dan 6 semester (untuk program Doktor).

Calon penerima beasiswa mengajukan Surat Permohonan Beasiswa dilampiri surat keterangan yang sesuai dengan kriteria nomor 1-4 dari Dekan/Direktur ditujukan kepada Rektor UIN Walisongo, dilampirkan pada berkas pendaftaran, dan diserahkan pada Sekretariat Pascasarjana UIN Walisongo secara langsung atau via pos.

“Semua calon penerima beasiswa mengikuti semua prosedur pendaftaran dan tes seleksi seperti peserta lain. Khusus untuk calon penerima beasiswa hafalan 30 juz diwajibkan mengikuti tes tahfizh yang diselenggarakan oleh Pascasarjana UIN Walisongo,” ujar Aziz, Humas Pascasarjana UIN Walisongo Semarang, Kamis (18/11/2021).

Terkait dengan biaya kuliah, Mahasiswa diwajibkan membayar Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP) per semester yang sudah mencakup biaya Ujian Proposal dan Tesis sebesar Rp5.000.000,- (lima juta rupiah) dibayarkan melalui Host to Host (H2H) pada salah satu dari 4 (empat) bank berikut yakni Bank Jateng Syariah, BSI, Bank Mandiri, dan BTN di seluruh Indonesia.

Khusus bagi calon mahasiswa yang tidak lulus tes masuk Bahasa Arab namun dinyatakan diterima sebagai mahasiswa baru dikenakan biaya matrikulasi bahasa Arab (IMKA) sebesar Rp. 500.000,- (lima ratus ribu rupiah) dibayarkan saat daftar ulang melalui Host to Host (H2H) pada salah satu dari 4 bank tersebut di atas.

Demikianpun dengan mahasiswa yang tidak lulus tes masuk Bahasa Inggris namun dinyatakan diterima, dikenakan biaya matrikulasi bahasa Inggris (TOEFL) dengan besaran harga yang sama.

Sementara untuk Program Doktor (S-3), SPP per semester sebesar Rp11.000.000,- (sebelas juta rupiah) yang mencakup Biaya ujian Kompre, ujian Tertutup Disertasi, ujian Proposal, ujian Terbuka Disertasi dan dibayarkan saat daftar ulang.

Namun seperti halnya S2, Mahasiswa yang belum lulus tes masuk Bahasa Arab dan Inggris dikenakan biaya IMKA dan TOEFLE sebesar Rp600.000,- (enam ratus ribu ribu rupiah).

Waktu Pendaftaran dan Rencana Perkuliahan

Selama pandemi Covid-19, semua proses PMB dilakukan secara Online. Penjelasan lebih lanjut tentang cara pendaftaran mahasiswa baru dapat dilihat melalui website pascasarjana: pasca.walisongo.ac.id atau pmb-pasca.walisongo.ac.id atau melalui nomor kontak 085848304064.

Program S2 ini terbuka bagi semua sarjana S-1 dengan kualifikasi:

IPK sekurang-kurangnya 3,00 dalam skala 4.00. Bagi dosen tetap yang telah mendapat jabatan fungsional tidak diperlukan IPK.

Sementara Program Doktor (S3), persyaratan utamanya lulus Program Magister (S-2) dalam Studi Islam atau yang disetarakan dengan IPK sekurang-kurangnya 3,50 dalam skala 4.00.

Persyaratan Pendaftaran cukup menyertakan foto copy ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir rangkap dua dengan menunjukkan aslinya. Bagi calon mahasiswa S2 dan S3 yang telah bekerja, harus menyerahkan surat ijin dari lembaga tempat bekerja, mengisi formulir pendaftaran secara online melalui website http://pmb-pasca.walisongo.ac.id (S-2 dan S-3).

Membayar uang pendaftaran untuk S2 sebesar Rp.500.000 dan S3 sebesar Rp700.000 dibayarkan melalui melalui Host to Host (H2H) pada salah satu dari 4 bank tersebut di atas, menyerahkan berkas formulir pendaftaran yang telah ditandatangani oleh calon mahasiswa S2 dan S3, pas photo ukuran 3 x 4 sebanyak 4 lembar, menyerahkan Draf Proposal Tesis (S2) dan Draf Proposal Disertasi (S3) sebanyak 2 jilid.

“Semua berkas persyaratan administrasi pada poin 1 sd 7 discan dan diupload pada laman: http://pmb-pasca.walisongo.ac.id;

Semua berkas persyaratan administrasi tersebut dimasukkan ke stopmap warna merah muda untuk S2 dan warna kuning untuk S3 dan diserahkan secara langsung ke sekretariat Pascasarjana UIN Walisongo Semarang atau dikirim melaui Pos dengan alamat: Sekretariat Pascasarjana UIN Walisongo, Jalan Walisongo Nomor 3 – 5 Semarang 50185,” ujar Aziz menutup. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini