KPU Kota Semarang Laporkan PDPB Bulan Mei 2021

Ketua KPU Kota Semarang, Henry Cassandra Goeltom sedang menyampaikan laporan Rekapitulasi Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (PDPB) berkala setiap akhir bulan untuk periode bulan Mei 2021. (Dok.)

SEMARANG (Sigi Jateng) – KPU Kota Semarang melaksanakan Rekapitulasi Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (PDPB) berkala setiap akhir bulan untuk periode bulan Mei 2021. Rekapitulasi dihadiri oleh seluruh Komisioner KPU Kota Semarang di antaranya sangat ketua Henry Casandra Gultom, dan para anggota seperti Novi Maria Ulfah, Heri Abriyanto, Ahmad Zaini, dan Suyanto masing-masing selalu Anggota.

Ketua KPU Kota Semarang, Henry Cassandra Goeltom menjelaskan, sesuai dengan pasal 20 huruf (l) Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, KPU Kabupaten/Kota berkewajiban melakukan pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan bertujuan untuk memperbaharui data pemilih seperti menambahkan pemilih baru yang belum terdaftar di daftar pemilih, pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat, dan perubahan elemen data pemilih Kabupaten/Kota secara berkelanjutan. Kegiatan ini dilakukan guna mempermudah proses pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih pada Pemilu/Pemilihan berikutnya,” ujarnya, Sabtu (29/5/2021).

Daftar Pemilih Berkelanjutan merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Ketua KPU RI Nomor 132/PL.02-SD/01/KPU/II/2021 tentang Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021 tanggal 4 Februari 2021, dan surat nomor 366/PL.02-SD/01/KPU/IV/2021 tentang Perubahan Surat KPU RI Nomor 132/PL.02-SD/01/KPU/II/2021 perihal Daftar Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021.

“Pada point 1 berbunyi KPU Kabupaten/Kota melakukan rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan per bulan dan menyampaikan hasil rekapitulasi tersebut kepada Partai Politik, Bawaslu, dan dinas yang menangani urusan kependudukan dan catatan sipil setempat, serta mengumumkan di papan pengumuman kantor, laman website, portal aplikasi, dan/atau media sosial, dan membuat siaran pers ke media massa lokal cetak atau elektronik,” ungkapnya.

Selanjutnya point 2 berbunyi KPU Kabupaten/Kota menyampaikan Daftar Pemilih Berkelanjutan yang mengalami perubahan setiap bulan by name by polling station kepada Partai Politik, Bawaslu, dan dinas yang menangani urusan kependudukan dan catatan sipil setempat dan mengumumkan di papan pengumuman kantor, laman website, dan/tau portal aplikasi masing-masing.

Pada point 3 berbunyi Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (PDPB) tahun 2021 dilakukan mulai bulan Januari sampai dengan Desember dengan kegiatan : 1) KPU Kabupaten Kota setiap bulan melakukan layanan data pemilih, PDPB dengan stakeholder tingkat Kabupaten/Kota, Rekapitulasi PDPB setiap akhir bulan, publikasi hasil PDPB, dan membuat laporan hasil PDPB ke KPU Provinsi. 2) setiap 3 bulan sekali melakukan Rapat Koordinasi PDPB dengan stakeholder tingkat Kabupaten/Kota.

Setiap bulan KPU Kota Semarang berkoordinasi dengan stakeholder terkait (Bawaslu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, TNI, POLRI, dan masyarakat) untuk mendapatkan data pemilih baru, data pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat, dan perubahan data pemilih.

Ahmad Zaini, Kordic Perencanaan, Data dan Informasi menyampaikan bahwa dalam rangka mensukseskan PDPB tahun 2021 perlu kerjasama dan koordinasi dengan semua stakeholder secara kontinyu dan intensif. Selain itu peran serta masyarakat luas sangat dibutuhkan.

“Masyarakat diharapkan bisa menyampaikan atau melaporkan kepada KPU Kota Semarang apabila terdapat putra putrinya yang sudah berusia 17 tahun, keluarganya atau warganya yang meninggal, warga pindahan masuk atau keluar kota semarang, juga apabila ada perubahan elemen data pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilihan sebelumnya,” ujarnya.

Masyarakat yang akan menyampaikan laporan dan perubahan data pemilih dapat menyampaikan langsung ke Kantor KPU Kota Semarang di Gedung Pemerintah Kota Semarang Lt. 5 atau bisa buka browsr dengan klik di : bit.ly/DPBKotaSemarang.

Terakhir Ahmad Zaini menyampaikan jumlah rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DOB)bulan Mei 2021 sebagai berikut :

NO
DATA PEMILIH
LAKI – LAKI
PEREMPUAN
JUMLAH

1.
Total jumlah DPB Sebelumnya antara lain, laki-laki 570.243, perempuan 606.176, sehinga secara keseluruhan berjumlah 1.176.419 DPB. Sedangkan jumlah pemilih baru di bulan Mei tercatat laki-laki sebanyak 129, perempuan 96, sehingga total 225 orang pemilih. Dari data tersebut didapat jumlah keseluruhan pemilih pada bulan Mei 2021 adalah 1.176.544 orang pemilih.

Namun dalam rekapitulasi tersebut ditemukan juga pemilih tidak memenuhi syarat sebanyak 78 orang terdiri dari 55 laki-laki dan 23 perempuan. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here