Konten Yu Babon Jawaban Seniman Yang Tertekan Karena Pandemi Covid-19

Aksi ambil gambar Konten Yu Babon.

SOLO (Sigi Jateng ) – Masa pademi covid 19 yang berlangsung hampir setahun ini, banyak meninggalkan duka di semua bidang kehidupan, termasuk di bidang kesenian dan budaya. Banyak pertunjukan panggung dibatalkan karena berpontesi terjadi kerumunan.

Pada awalnya membuat para seniman kaget, gagap dan tidak siap dalam menyikapi kondisi ini. Hal ini membuat seniman pertunjukan harus berkompromi jika tidak ingin hancur.

Mengubah medium ruang pentas tersebut menjadi daring (online) jelas membuat seniman pertunjukan harus dan rela melakukan coding kembali akan daya artistiknya terhadap ciptaannya agar sesuai dengan atmosfir online.

Merubah habitus baru dalam pola pertunjukan dari ruang pentas ke dalam ruang virtual bukan sesuatu yang mudah seperti membalik telapak tangan, butuh proses dan penyesuaian di semua sisi garapan agar menarik di tonton dan tidak menimbulkan kejenuhan ketika di tonton.

Berita Lainnya:

Hal ini juga dilakukan oleh seniman teater Bayu Gendhut. Dalam wawancaranya dengan Sigijateng.id, Bayu Gendhut mengatakan, merubah pola garapan panggung ke Garapan virtual dibutuhkan banyak penyesuaian terutama pada pola sajian yaitu pemain harus cerdas beracting, karena mereka di batasi oleh frame kamera, sehingga ekpresi muka maupun gerak tidak sebebas ketika di panggung.

Bayu Gendhut terus berkarya melalui model-model Garapan SITKOM, yang di tayangkan di kanal youtubenya. Sitkom yang diangkatnya lebih pada situasi sehari-hari terjadi di masyarakat. Garapan Sitkom ini di kemas ringan, dan menghibur. Salah satunya adalah YU BABON – dalam episode perdananya berjudul NGAPLO.

Ditambahkan oleh Bayu Gendhut sebagai sutradara sekaligus penulis naskah, menceritakan dalam episode ini  Yu Babon diperankan oleh Fransillina dewi, berlatar belakang kehidupan sehari-hari,  dimana Yu Babon adalah seorang tokoh perempuan yg ganjen dan suka menguber-nguber setiap laki-laki, maka dia disebut Babon diambil dari nama ayam Babon yg mengkejar-kejar ayam Jago.

Menurut Fransillina Dewi dengan panggilan akrab Dewi, mengatakan ketika di tawari oleh sutradara berperan sebagai Lina alias Yu babon, adalah tantangan tersendiri untuk berperan di luar karakter ku sehari-hari.

Yu Babon ini orangnya kemayu, genit dan suka mengoda cowok walau sudah beristri, maka aku harus mampu memerankan tokoh ini, tegas Fransillina dewi.

Ditambahkan oleh Fransillina dewi, seorang aktor itu khan harus mampu memerankan tokoh-tokoh antagonis ataupun protagonis, ketika aktor itu harus berperan sebagai tokoh antagonis, ia harus siap berperan dengan baik, walaupun mungkin bertentangan dengan karakteristik pribadinya sehari-hari. Padahal dalam kehidupan sehari-hariku, aku ini orangnya pelit ngomong alias pendiam, kata Fransillina dewi sambil tertawa kecil.

Berita terbaru:

Bayu Gendhut menandaskan bahwa talent-talent yang terlibat dalam sajian ini bukanlah orang-orang film, mereka aku tuntut untuk total berperan sesuai dengan karakter perannya. Ternyata mereka mampu berperan dengan baik dan mampu menyesuaikan kebutuhan kamera.

Dalam sajian konten youtube YU BABON ini, mengambil lokasi matahari Jawa di Kadipiro, dengan pemain pendukung Lola Widya Putri, Fahmi dan Galuh Ayu Sekar, S.Pd, penata musik Sri Wulung Wahyu Sajian konten youtube YU BABON – NGAPLO ini akan tayang pada minggu ini di kanal youtube BAYU SEHAT SELALU. (Riya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here