KONI Kota Semarang Pantau Atlet Pada Program PSE

Seorang atlet wanita sedang melakukan sprint saat menjalani tes fisik Program Semarang Emas (PSE). (Dok. Humas KONI)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Perkembangan fisik atlet pada Program Semarang Emas (PSE) terus dipantau oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Semarang. Sebanyak 550 atlet dari 48 cabang olahraga menjalani tes fisik berkala tahap kedua di Kompleks Olahraga Tri Lomba Juang, Minggu-Selasa (28-30/11/2021). Tes tersebut untuk mengetahui perkembangan fisik atlet. Mereka menjalani tes pada kelincahan (agility), ketahanan (endurance), dan kecepatan (speed).

Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi KONI Kota Semarang Hadi mengatakan, tes berkala ini untuk mengetahui perkembangan terakhir atlet utamanya pada sisi fisik. Ada parameter yang harus dicapai atlet.

”Atlet harus bisa mencapai kategori baik sekali. Misal, pada tes ketahanan atlet putra bisa mencapai skor 56 ml/kg/min atau pada level 13. Sedangkan putri pada skor 49,6 ml/kg/min atau level 11. Ini yang kami pantau dalam tes berkala ini,” tutur Hadi di sela-sela tes berkala di Kompleks Olahraga Tri Lomba Juang, Minggu (28/11/2021).

Kemudian pada tes kecepatan, atlet putra minimal mampu berlari 3,19 detik dalam jarak 20 meter. Sedangkan putri minimal 3,66 detik. Setelah tes ini, hasil akan diinformasikan kepada masing-masing cabang olahraga untuk ditindak lanjuti. Jika memang masih di bawah standar, pelatih cabang olahraga bisa memberi program latihan untuk meningkatkan kondisi atlet binaannya.

”PSE merupakan program bagi atlet yang diproyeksikan ke berbagai ajang. Muaranya ada di Porprov Jateng XVI nanti. Setelah ini, akan ada tes lagi untuk mengetahui progres atlet,’ jelas dosen FIK Unnes itu.

Ketua Umum KONI Kota Semarang Arnaz Agung Andrarasmara menyambut baik hasil tes ini. Menurutnya, hal ini bisa menjadi parameter kesiapan atlet dalam menghadapi Porprov mendatang.

“Setidaknya para atlet sudah menyambut pra Porprov di tahun 2022 mengingat sampai sekarang belum ada kejelasan kapan Porprov akan dilangsungkan. Tapi mohon jangan berpuas diri dengan hasil yang dicapai sekarang ini, terus tingkatkan raihan dan capaian agar bisa meraih prestasi terbaik tidak hanya di Porprov namun juga di event olahraga lain,” pungkasnya. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini