KKN UIN WS Adakan Lomba HSN di TPQ Sofiyatus Sholihah

Suasana acara Peringatan HSN 2021 oleh KKN RDR 77 UIN Walisongo Semarang Kelompok 91 di Dusun Ngaglik, Desa Pledokan. (Dok. KKN UIN WS)

SEMARANG (Sigi Jateng) – KKN RDR 77 UIN Walisongo Semarang Kelompok 91 mengadakan acara Lomba-lomba dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2021 di Dusun Ngaglik, Desa Pledokan pada Senin, (25/10/2021). 

Peringatan HSN 2021 ini mengangkat tema “Santri Siaga Jiwa Raga” dengan maksud agar santri-santri siaga menjaga kesehatan di masa pandemic Covid-19 baik fisik maupun jiwa. 

Menurut Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah peringatan Hari Santri 2021 dapat mengingatkan terhadap perjuangan para ulama yang telah berjuang untuk kemajuan bangsa. 

“Diharapkan para santri dapat menghormati para guru-guru dan kyai,” ujarnya. 

Hari Santri Nasional adalah peringatan yang ditujukan untuk mengingat dan meneladani semangat santri dalam mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. 

Acara ini terdiri dari 3 lomba, diantaranya: Lomba Sholawat Tibil Qulub untuk santri kelas 1, yang diikuti oleh 19 anak. Lomba Adzan untuk santri kelas 2 dan 3, yang diikuti oleh 11 anak. Dan Lomba Sambung Ayat untuk santri kelas 2 dan 3, yang diikuti oleh 14 anak. 

Kegiatan tersebut disambut antusias oleh anak-anak santri TPQ Sofiatus Shalihah. Acara dimulai pada jam 14.00 WIB. Koordinator KKN Kelompok 91 memberikan sambutan, momen peringatan Hari Santri pada tahun ini dilaksanakan dengan memenuhi protocol kesehatan dan masyarakat dusun Ngaglik telah melakukan vaksinasi sampai 99% sehingga acara ini dapat diikuti seluruh santri TPQ. 

Kelompok 91 bekerja sama dengan Pengasuh TPQ dan pengajar dalam melaksanakan acara ini. acara lomba ini memberikan kesan bagi TPQ dan menjadikan TPQ lebih hidup. Menurut pengasuh, acara ini dapat melatih mental pengajar dan santri TPQ tersebut mengingat sebagian besar santri TPQ adalah anak-anak. 

Peringatan Hari Santri di dusun Ngaglik Desa Pledokan diikuti oleh Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Kelompok 91 diantaranya: M. Syahrul Muharom, Chrispian Jambul Chilvio, Andika Galih W., Alya Anjani, Adina Zuhria R., Nuzulia Rohmah, Amrina Rosada, Ahmad Izzulhaq, Indah Sukendriati, Amalia Naela B., Elok F.A., Nila Masalah, Wibowo, Azimatul Udzma, Dina Muassaroh. (Kelompok 91/Mushonifin) Area lampiran

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here