KKN UIN Walisongo Kelompok 122 Gelar Webinar Walisongo Hadirkan Wakil Rektor I

SEMARANG ( Sigijateng.id) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler dari Rumah (RDR) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang kelompok 122 mengadakan webinar walisongo dengan tema “Membuka Tabir Perspektif Toleransi Beragama Walisongo di Tanah Jawa”. Acara webinar diadakan secara virtual melalui media Zoom Meeting pada hari Sabtu, (30/10/2021).

Kegiatan “Webinar Walisongo” ini dimulai tepat pukul 08.45 WIB sampai dengan pukul 10.30 WIB dan diikuti oleh 45 peserta, baik dari kalangan mahasiswa UIN Walisongo maupun universitas lain dan masyarakat umum.

Acara ini menghadirkan Dr. H. M. Mukhsin Jamil, M.Ag selaku Wakil Rektor I UIN Walisongo Semarang, M. Rikza Chamami M.Si selaku Kepala Pusat PPM LP2M UIN Walisongo Semarang, dan M Fachri Hakim M.Pd selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Sebagai pembicara dalam “Webinar Walisongo” yang diselenggarakan kelompok 122 KKN RDR 77 UIN Walisongo, Mukhsin Jamil menyampaikan materi mengenai perspektif walisongo dalam konteks pengembangan moderasi beragama untuk masa depan Indonesia yang toleran, harmonis, dan damai. Bukan hanya membahas tentang kewalisongoan, beliau juga memaparkan kaitannya dengan moderasi beragama.

“Pembahasan ini sangat penting agar kita tidak eksklusif semata-mata mengembangkan prinsip-prinsip moderasi yang digali dari khasanah kebudayaan kita, tapi kemudian tidak sanggup mencantolkan atau menghubungkan dengan satu perspektif yang lebih luas yaitu moderasi beragama dalam konteks pembangunan jangka menengah dan jangka panjang untuk Indonesia tercinta,” tutur Wakil Rektor I UIN Walisongo, Dr. H. M. Mukhsin Jamil.

Beliau pun membahas dengan tuntas terkait respon walisongo dalam menerjemahkan Islam. “Jalinan yang baik antara Islam dan kebudayaan lokal inilah yang saya kira merupakan khas islam nusantara, Islam Indonesia gitu. Yang ini saya kira sedang digandrungi oleh banyak dunia, jadi tahlil dan sebagainya adalah salah satu bagaimana para wali itu menerjemahkan islam dalam konteks kebudayaan lokal atau cara walisongo merespon kebudayaan lokal dalam cara pandang islam,” tutur Wakil Rektor I UIN Walisongo, Dr. H. M Mukhsin Jamil.

Suatu kebanggaan bagi seluruh anggota kelompok 122 KKN RDR ke-77 UIN Walisongo bisa berkolaborasi dengan beliau wakil rektor I dan kepala pusat PPM LP2M UIN Walisongo semarang.

“Alhamdulilah kita bisa menggandeng wakil rektor I untuk menjadi pemantik di diskusi kita pagi ini, suatu kehormatan bagi kita beliau bisa menyempatkan waktunya untuk mengisi webinar yang kami selenggarakan” ujar Koordinator Kelompok 122, Wachyu Aji Prasetyo.

Kepala pusat PPM LP2M UIN Walisongo M. Rikza Chamami M.Si menyatakan bahwa, meskipun kegiatan KKN dilaksanakan dari rumah, namun semangat dan antusias para mahasiswa sangat terlihat.

“Walaupun KKN dari Rumah ya tapi semangatnya melebihi KKN offline. inilah salah satu dorongan bapak WR I walaupun KKN dari Rumah tetapi tetap tidak terasa dari rumah karena kita tau betul teman – teman KKN ini berkegiatan mengelaborasi tujuh kegiatan pokok tetapi memang semangatnya melebihi KKN yang tidak dari rumah,” ujar Rikza Chamami saat memberikan sambutan. Beliau juga menyampaikan KKN RDR berjalan dengan apa yang diharapkan.

“tidak mengurangi rasa hormat dan tidak mengurangi hikmat ternyata kegiatan KKN bisa semarak sebagaimana apa yang kita harapkan.” Timpal Kepala Pusat PPM LP2M UIN Walisongo. (kel 122/asz)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini