KKN UIN Walisongo dan BEM FT UNDIP Gelar Pencerdasan dan Pelatihan Kewirausahaan di Jragung,

Sukses gelar pencerdasan dan pelatihan kewirausahaan kkn uin walisongo bersama bem ft (fakultas teknik) undip di desa jragung

DEMAK (Sigijateng.id) – KKN (Kuliah Kerja Nyata) RDR (Reguler Dari Rumah) 77 UIN Walisongo Semarang Kelompok 52 berkolaborasi dengan BEM FT (Fakultas Teknik) UNDIP Semarang mengadakan pencerdasan dan pelatihan kewirausahaan. Minggu, ( 7/11/2021 )

Pencerdasan dan pelatihan kewirausahaan yang mengusung tema “Majukan Desa dengan Wirausaha” di balai Desa Jragung, Karangawen, Demak pada pukul 08.00 WIB tersebut diikuti oleh 40 peserta dari berbagai kalangan dan organisasi pemuda desa.

Bagus Adi Kuncoro sebagai sekretaris desa berpesan, bahwasanya dengan adanya acara seperti ini, sudah layaknya apabila generasi muda dan generasi tua dapat belajar, menyerap dan menerapkan segala ilmu yang disampaikan dalam pelatihan

“Jragung merupakan desa yang kaya akan sumber daya alam. Dari segi pangan (pertanian) bahkan sampai dengan destinasi wisata. Akan tetapi beliau merasa sedih, karena masyarakat desa belum sepenuhnya bisa memaksimalkan segala potensi desa yang ada. Harapannya dengan adanya kolaborasi pelatihan wirausaha ini dapat memajukan UMKM desa Jragung dengan semangat Jragung Jaya Giri” Ucap Bagus Adi Kuncoro

Kolaborasi ini menjadi menarik karena bukan hanya sekedar menyampaikan materi saja, akan tetapi para peserta juga terbagi dalam beberapa kelompok. Dimana setiap kelompok diberi tugas untuk membuat suatu konsep usaha dengan merujuk potensi-potensi yang ada di desa.

Setelah itu setiap kelompok juga diajarkan sekaligus praktek pembuatan selai pisang dengan arahan dan resep yang sudah disediakan oleh panitia. Pisang menjadi bahan utama dalam acara ini, dengan alasan pisang merupakan salah satu hasil perkebunan yang melimpah di desa.

“Pelatihan wirausaha ini dari awal kami konsep agar peserta tidak hanya sekedar mendapatkan materi saja, tapi langsung praktek di tempat. Bahkan bahan dasar yang kami gunakan merupakan hasil perkebunan yang ada di desa Jragung agar lebih memiliki manfaat dan memiliki nilai jual yang tinggi,” ujar Riski Andriyanto, Koordinator KKN.

Sementara itu, Aulia Rahman Hasibuan, narasumber dalam acara ini menyampaikan bahwa keberanian untuk memulai itu penting. Berani merupakan awal dalam melakukan sesuatu.

“Dalam usaha, keberanian adalah proses untuk bisa menjadi sukses. Berani, semangat dan jangan takut, ini desa kita, ini rumah kita, ini kunci kesuksesan kita. Tutup Aulia dalam closing statement nya (kel 52/rizal tsani/asz)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here