KKN Saat Pandemi, Mahasiswa USM Lakukan Pelatihan Digital Marketing Pemilik UMKM

SEMARANG ( Sigijateng.id ) – Mahasiwa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM) ikuti kegiatan KKN, dengan program kerja berupa pelatihan pembuatan akun digital marketing dan pendampingan pelaku UMKM. Adapun yang didampingi adalah Mikhaila Catering, Jalan Rasamala IV RT 01 RW 06 Srondol Wetan, Banyumanik, Kota Semarang, Rabu (23/6/2021)

Target tujuan ini adalah membantu  UMKM untuk mempromosikan produknya melalui sebuah sosial media, sehingga bias meningkatkan penjualan. Kuliah kerja nyata atau yang akrab dikenal dengan KKN merupakan sebuah program mata kuliah wajib yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa pada semester 6 ini.

Dosen Pembimbing Lapangan, Saifur Rohman Cholil  mengatakan adanya pancemi Covid 19 yang belum berakhir, Universitas Semarang membuat sebuah tema KKN kali ini menjadi KKN Back To Village, atau kembali ke desa, maksud dari tema tersebut memiliki sebuah arti kembali ke desa masing-masing.

“Jadi ini berbeda dengan KKN sebelum masa pandemi,” katanya.

 Sebelumnya mahasiswa diwajibkan untuk mengabdi kepada masyarakat dengan bekerja sama dengan wilayah setempat yang telah ditentukan, sedangkan untuk KKN Back To Village ini mengharuskan mahasiswa untuk mengabdi kepada masyarakat yang berada di desa masing-masing.

“Mengingat masa pandemi seperti saat ini, mahasiswa harus melakukan kegiatan harus pada wilayah tempat tinggal masing-masing, dan setiap mahasiswa diwajibkan untuk tetap patuhi protokol kesehatan yang berlaku,” katanya.

Bayu Adi Chandra, selaku mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Semarang memilih tema program kerja KKN dengan mengadakan sebuah pelatihan dan pendampingan pembuatan akun digital marketing dan memberi pelatihan bagaimana cara mempromosikan produk melalui sebuah sosial media

“Adanya kegiatan KKN Back To Village ini, saya berharap pemilik UMKM dapat melakukan penjualan produk melalui social media guna untuk meningkatkan penjualan di masa pandemic saat ini,” kata Bayu

Kusmiyati selaku pemilik Mikhaila Catering mengaku mendapat manfaat dari  mahasiswa KKN.

 “Adanya kegiatan KKN Back To Village ini, saya merasa sangat terbantu. Pelatihan penggunaan social media ini memudahkan saya untuk mempromosikan produk UMKM milik keluarga saya,” kata dia. (rizal)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini