KKGMI Ngaliyan Tancap Gas Kebut Kegiatan Ramadhan

Pengurus KKGMI Kecamatan Ngaliyan dan panitia LKASMI berfoto bersama. (Dok.)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyyah (KKG MI) Kecamatan Ngaliyan yang merupakan wadah organisasi para guru MI di wilayah kecamatan Ngaliyan gelar Kegiatan Pesantren Ramadan Anak tingkat MI (PRA-MI) dan Lomba Kreativitas Anak Sholeh tingkat MI (LKAS-MI) yang bertempat di MI Nurul Islam pada Selasa (27/4/2021).

Rif’an Ulin Nuha selaku Ketua pengurus KKGMI di Kecamatan Ngaliyan mengatakan kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyyah (KKG MI) merupakan salah satu organisasi yang secara otomatis wajib diikuti oleh guru, pengajar dan pendidik di satuan kerja Madrasah Ibtidaiyah.

Setelah dikukuhkan awal tahun 2020, Kepengurusan KKG MI inipun langsung merapat menyelenggarakan Rapat Kerja Kecamatan (Rakercam) di MI Islamiyah Ngaliyan.

“Banyak sekali program kerja yang telah disepakati dalam Rakercam KKGMI tersebut dan telah terlaksana di tahun 2020,” ujar pria yang akrab disapa Ulin itu.

Mengingat tahun 2021 masih masa pandemi, namun sebagai wujud partisipasi KKGMI dalam ikut mengembangkan pendidikan di Madrasah. Pengurus KKG MI tetap berusaha untuk eksis dan berkegiatan.

“Salah satunya adalah dalam bidang Keagamaan yang dikomandoi oleh H. Agus Haryadi. Salah satunya program Kegiatan Ramadhan 1442 H dengan beberapa kegiatan yang tetap memperhatikan protocol kesehatan,” jelas Ulin.

Pada Ramadhan kali ini KKGMI Kecamatan Ngaliyan memiliki sejumlah pogram, yakni membuat “Buku Kegiatan Ramadhan” untuk para siswa, yang digunakan sebagai pantauan ibadah selama bulan ramadhan dimasa pandemic covid. Ceramah virtual setiap hari Selasa dan Jum’at selama bulan Ramadhan 1442 H. Dan Pesantren Ramadhan Anak (PRA) dan Lomba Kreativitas Anak Solih (LKAS) siswa MI se-Kecamatan Ngaliyan.

Adapun tujuan kegiatan Pesantren Ramadhan KKG MI Ngaliyan, antara lain untuk menyambut datangnya Bulan ramadhan 1442 H dan melatih murid dalam mengisi amaliyah dan menjaga kwalitas amal di bulan ramadhan.

Sedangkan Lomba Kreatifitas Anak Sholeh (LKAS) memiliki tujuan menjalin silaturrahmi antar MI se-kecamatan Ngaliyan, menyiapkan generasi handal di era global.

Peserta Kegiatan Ramadhan Seluruh MI Se-Kecamatan Ngaliyan. Untuk Ceramah virtual diisi oleh guru-guru MI di wilayah kecamatan Ngaliyan. Secara bergiliran, ada 8 MI, diantaranya ; MIT Nurul Islam, MI Miftahul Akhlakiyah, MI Darul Umum, MI Islamiyah, MI Muhammadiyah, MI Baitul Huda, MI Raudhotul Athfal Pucung dan MI Permata Belia, dan setiap MI mengirim 1 perwakilan guru, tampil via google meet pukul 08.00 – 09.00 wib.

Sedangkan untuk kegiatan Lomba kreatifitas anak sholeh, diikuti oleh 24 peserta dari 8 madrasah ibtidaiyyah yg ada di kecamatan Ngaliyan.

“Adapun untuk menjaga protokol kesehatan, MIT Nurul Islam bersama Pengurus Yayasan Baiturrohim Ringinwok telah disiapkan sedemikian rupa oleh Kepala Madrasah Dian Utomo, Bagi peserta lomba, maupun orang tua pengantar dengan disiapkan tempat tersendiri,” tandas Ulin.

Bahkan sebelum acara dimulai dihibur oleh Group Rebana El Nuris. Acara dibuka oleh pengawas Madrasah ibu Hj. Mafruhatun dan di tutup oleh ketua KKM MI Kota semarang 2, H. Mudhofar.

H. Agus Haryadi sebagai ketua panitia menambahkan bahwa Lomba kreativitas anak sholeh, dilaksanakan di MIT Nurul Islam Semarang, Jl. Honggowongso no.1, terdiri dari 3 kategori jenis lomba; Pildacil, Tahfidz juz 30, Kaligrafi.

“Alhamdulillah acara dapat berjalan dengan lancar”, ucap H. Agus Haryadi.

Diakhir acara, diadakan sarasehan Ibu Pengawas Madrasah, Pengurus KKM MI dan Pengurus KKG MI Kecamatan Ngaliyan. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini