Khatib Shalat Id; Ketua PWI Jateng Sampaikan Prinsip-Prinsip Komunikasi dalam Alquran

Ketua PWI Jateng H Amir Machmud NS saat menjadi Khatib Shalat Idul Fitri 1442 H, Kamis (13/5/2021).


SEMARANG ( sigijateng.id ) – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Tengah, H Amir Machmud NS, menjadi khatib pada shalat id pada Idul Fitri 1442 H (2021 M ) di Perumahan Genuk Indah, Semarang, Kamis (13/5/2021.

Di hadapan ratusan jamaah Amir mengatakan, di balik maslahat kemanfaatan teknologi informasi yang seharusnya dieksplorasi, realitasnya yang banyak terasa justru eksploitasi media sosial yang menyebabkan kekeruhan dalam praktik silaturahim antarmanusia.

“Ruang digital kita menjadi kotor dan tanpa etika. Terjadi kerusakan hubungan antarmanusia dan kelompok-kelompok masyarakat. Kita melupakan prinsip-prinsip komunikasi dalam Alquran dan tidak memerhatikan sifat-sifat kenabian,” tutur wartawan senior itu.

Sifat Kenabian sifat nabi siddiq, amanah, tabligh, fathanah cenderung dilupakan. Padahal sifat-sifat itulah yang akan mengantar kita dalam mempertimbangkan mana informasi yang layak kita unggah, dan mana informasi yang tidak sepatutnya kita posting. Itulah hakikat penerapan fikih komunikasi.

Sedangkan kerusakan silaturahim, menurut dia, harus mendorong kita mawas diri untuk merevitalisasinya dengan konsep interaksi dan komunikasi yang dianjurkan oleh Alquran, yakni qaulan karima, qaulan sadiqa, qaulan makrufa, qaulan baligha, qaulan layna, dan qaulan maysura. Semua itu bermakna menyelaraskan praktik komunikasi yang santun dan beretika.

Amir juga menyinggung mengenai keterbatasan silaturahim lantaran berlangsungnya pandemi Covid-19. “Kondisi yang memaksa manusia untuk beradaptasi dalam perilaku keseharian ini seharusnya tidak merenggangkan hati kita,” tuturnya.

Dengan mematuhi protokol kesehatan, kita mendambakan menjadi manusia-manusia yang sehat. Umat sehat merupakan landasan bangsa yang kuat. “Bangsa akan kuat apabila didukung oleh umat yang mampu memilih mana yang maslahat dan mana yang mudarat,” ucapnya. (Aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini