Ketat! Laga Cabor Tarung Drajat di PON XX Papua Diprediksi Bakal Seru dan Mendebarkan, Inilah Daftar Atlet Jateng

Matangkan kemampuan dan asah strategi permainan jelang PON XX Papua, atlet tarung derajat maksimalkan waktu tersisa intensif berlatih. Foto : Istimewa

Semarang (Sigi Jateng) – Dipastikan laga pertarungan di cabang olahraga (cabor) tarung derajat di PON XX Papua nanti akan lebih seru. Pasalnya, dalam cabang olahraga asli Indonesia tersebut setiap nomor pertandingan hanya akan diikuti sebanyak enam peserta. Hal itu terlihat sejak undian drawing pun sudah seru dan mendebarkan.

“Iya, dalam babak kualifikasi PON 2019 silam, masing-masing nomor hanya meloloskan lima peserta. Lalu di PON XX Papua nanti, ditambah satu tuan rumah sehingga ada enam peserta,” ujar Cepi Suhendi, pelatih tarung derjat saat di TC tarung derajat Jl MT Haryono 823 Semarang, kemarin.

Diketahui, saat kualifikasi PON di GOR Pajajaran Bandung, 2019 silam, Jateng meloloskan lima petarung dan enam seni gerak. Keenam atlet seni gerak itu akan tampil di empat nomor yakni gharang (tiga peraga), getar (2), ranger (3) dan getar campuran (4). Sehingga, Jateng akan tampil pada 11 nomor.

Cabang olahraga tarung derajat, lanjut Cepi, akan dipertandingan di Kabupaten Mimika yakni pada 8 – 12 Oktober 2021. Kontingen akan bertolak dari Semarang pada 4 Oktober 2021 besok. “Sebelum berangkat, selama 14 hari kami akan melakukan karantina di sebuah hotel di Semarang,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, pada cabor ini sistem pertandingan untuk nomor tarung adalah gugur. Lalu untuk mereka yang kalah pada semifinal langsung mendapat medali perunggu tanpa mempertandingkan kalah melawan kalah. “Selanjutnya pemenang semifinal akan memperebutkan medali emas,” ungkapnya.

Kata Cepi, pada nomor seni gerak, setiap peserta memperagakan gerakannya di depan dewan juri. Masing-masing peserta akan menempati peringkat sesuai dengan nilai yang diperolehnya. “Peringkat satu sampai tiga otomatis mendapat medali emas, perak dan perunggu,” terang Cepi.

“Bahkan dalam undian drawing nomor tarung tidak ada peserta yang mendapat seeded. Jadi semua diperlakukan sama,” sambung dia.

Meskipun hanya enam peserta, menurut Cepi, semuanya benar-benar berkualitas. Mereka sudah berjuang keras dengan menyisihkan setidaknya 20 peserta lain saat babak kualifikasi. “Jadi yang lolos 5 peserta benar-benar istimewa. Jadi sulit diprediksi pertandingan di PON nanti,” tandasnya.

Dia menambahkan, dengan jumlah yang hanya enam peserta dipastikan ada dua yang mendapat bye. Artinya mereka langsung lolos semifinal dan minimal perunggu sudah di tangan. “Pastinya usaha kita tentu lebih baik dari itu. Ini perjuangan kita dan memang tidak mudah meraih kemenangan,” ucapnya.

Disinggung mengenai target, Cepi menyebut setidaknya bisa menyamai perolehan pada PON 2016 silam yakni dua emas. “Peta persaingan itu menjadikan kami berharap juga pada keberuntungan, termasuk dalam undian drawing,” pungkasnya.

Berikut nama-nama atlet Tarung Derajat yang akan bertanding di laga PON XX Papua 2021 mendatang :

Petarung putra (Fatah Abdul Majid, Agus Mujahidin), Petarung putri (Ayu Martaningtyas, Vinda Destyanasari, Vinka Widyaningrum), Seni gerak (Deni Karya Nugroho, M Ari Susendra, Fabio Salfa Riscky, Hervina Nur Rahmadhani, Esatarya Wulan Fitrahanny, Febri Nadya Fitriana).

Manajer Ipang Setiawan, pelatih Subagja, Cepi Suhendi, asisten pelatih Nursalim Effendi, Kuswandi, technical support Achmad Tajib. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini