Kepala Kanwil Kemenag Jateng Kukuhkan Pengurus MGMP PAI SMA Jawa Tengah

Kepala Kanwil Kemenag Jateng Musta’in Ahmad saat mengukuhkan Pengurus MGMP PAI SMA Jawa Tengah. ( foto ist)

SEMARANG (Sigijateng.di) – Pengurus Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas (MGMP PAI SMA) Jawa Tengah Masa Khidmah 2021-2024 resmi dikukuhkan Kepala Kanwil Kemenag Jawa Tengah, Musta’in Ahmad.

Hadir dan ikut menyaksikan pengukuhan pengurus Kabid PAI Kanwil Kemenag Jawa Tengah, Imam Buchori, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah, Suyanta dan didampingi Kasi PAI pada SMA/SMALB/SMK Kanwil Kemenag Jawa Tengah, Afifatun di Aula Lantai III Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Tengah pada Senin (15/11).

Musta’in Ahmad, Kepala Kanwil Kemenag Jawa Tengah dalam pengarahannya setelah mengukuhkan pengurus MGMP PAI SMA Jawa Tengah menyampaikan, GPAI baik PNS maupun non PNS diharapkan bisa menjadi pelayan yang baik bagi masyarakat.

“GPAI tampil sebagai figur yang selalu memberikan pelayanan dengan orientasi untuk kebaikan bersama, bukan tampil sebagai ndoro yang cenderung minta dilayani”, jelasnya.

“Indonesia merupakan negara yang hebat, dan kehebatan ini tentu ada peran besar dari GPAI. Agar kehebatan ini senantiasa terjaga maka Indonesia harus dibangun di atas foundasi yang kuat dan benar agar tidak dapat runtuh. Foundasi itu yakni Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Undang-undang Dasar 1945,” tambahnya.

Ia berharap agar GPAI akan senantiasa mampu tampil di depan dan menjadi teladan dalam mewujudkan kondisi bangsa yang berpegang teguh pada nilai-nilai moderasi beragama. Nilai moderasi beragama yang diwujudkan dengan menjalankan 4 (empat) hal berupa komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan dan akomodatif terhadap kearifan lokal.

“Kita tetap memiliki sikap yang rendah hati karena ini keharusan, namun kedepan kita tetap optimis untuk tetap membangun bangsa Indonesia tercinta ini dengan membangun jiwa dan raga dilandasi dengan nilai-nilai agama yang tentunya sesuai falsafah Pancasila,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Suyanta, dalam sambutannya menyatakan mengapresiasi kegiatan Penguatan MGMP ini dan sekaligus Pengukuhan Pengurus MGMP PAI SMA Jawa Tengah.

“GPAI memiliki peran besar dan strategis dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkarakter. GPAI memiliki peran besar untuk mewujudkan generasi yang memiliki jiwa Pancasila, kompetensi yang tinggi dan karakter,” katanya.

Ia berharap GPAI selalu menjadi yang terdepan dalam mewujudkan peserta didik yang berkarakter dan religius, jangan sampai kedahuluan guru yang lain yang bukan GPAI, sehingga ada pemahaman yang benar bagi peserta didik tentang nilai-nilai keagamaan dan penerapannya yang benar agar terhindar dari perilaku yang intoleran dan radikal.

Hery Nugroho, selaku ketua MGMP terpilih dalam sambutannya menyatakan bersyukur kepada Allah karena acara berjalan lancer.

“Alhamdulillah acara pengukuhan ini dapat dilaksanakan, kami menyampaikan terimakasih kepada Kepala Kanwil Kemenag Jateng, Kabid PAI, dan Kasi PAI pada SMA/SMALB/SMK Kanwilkemenag Jateng yang telah mensupport kegiatan ini. Terimakasih juga kepada Sekretaris Disdikbud Jawa Tengah, Ketua Pokjawas PAI Jateng, Ketua MGMP PAI Masa Khidmah 2016-2019 dan Ketua MGMP PAI SMK Jateng yang telah hadir mengikuti kegiatan ini,” tuturnya.

“Kegiatan ini dikemas dengan tema Penguatan MGMP PAI SMA Provinsi Jawa Tengah. Kami mengagendakan tiga acara pada kegiatan ini sekaligus, yakni pengukuhan Pengurus MGMP PAI Jawa Tengah. Setelah itu, seminar penguatan MGMP dan dilanjutkan dengan Rapat Kerja (Raker) yang sebelumnya sudah dilaksanakan Pra Raker secara daring”, Pungkas Hery. (aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini