Kembangkan Teknologi Internet, Mahasiswa UNNES Ini Raih Penghargaan

Doni Puji Laksono, Mahasiswa UNNES, meraih penghargaan dalam gelaran Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XII 2021. (Dok. Humas UNNES)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Doni Puji Laksono, Mahasiswa UNNES, meraih penghargaan dalam gelaran Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XII 2021 yang digelar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Mahasiswa jurusan teknik mesin itu menghadirkan sebuah ide tentang pemonitoringan tanaman hidroponik berbasis Teknologi Internet of Things dengan judul “MDPL Farm Upaya Peningkatan Kualitas Pangan Melalui Seni Hidroponik Berbasis Teknologi Internet of Things”.

Karya tersebut dikembangkan dibawah bimbingan Dr Rina Rachmawati SE MM, Doni bersama Defa Eza Fiqriyanto (Teknik Elektro), Fahruddin (PTIK), Erna Emmawati (Pendidikan Ekonomi), Lintang Anugrah H.P (Ilmu Komputer). 

“Kami menggagas teknologi untuk meningkatkan kualitas pangan melalui seni hidroponik berbasis teknologi Internet of Things,” ujar Doni, Selasa (23/11/2021). 

Doni mengungkapkan bahwa ide ini dilatarbelakangi karena luas lahan pertanian di Indonesia yang semakin sempit sehingga ide ini harapannya dapat memberikan solusi kepada masyarakat.

“Dari ide bisnis tersebut Doni dkk berhasil menjadi Juara Harapan 1 Kategori Produksi dan Budidaya di ajang KMI Expo,” jelasnya. 

KMI Expo merupakan puncak dari Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI) yang telah memberikan pendampingan kewirausahaan kepada mahasiswa melalui Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI).

Selain itu, di kesempatan yang sama Tim Protoblind UNNES yang terdiri dari Muhammad Akmal Rizki Rivaldi, Yuvent Falih Al Razak, Afrizal Adiestya Putra, Wahyu Tri Budi Pangestu, Zulianti Lestari dibimbing oleh Ahmad Fashiha Hastawan ST MEng (TE) juga berhasil meraih Juara harapan 1 kategori Teknologi dalam KMI Expo ke 12 tersebut. (Mushonifin) 

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here