Kapal Tenggelam di Johor 16 Orang Meninggal, Berikut Daftar Nama Korban Penumpang

Evakuasi korban kapal tenggelam di Johor, Malaysia. Foto : Ist

Kuala Lumpur (Sigi Jateng) – Menurut informasi Imigrasi KJRI Johor Bahru, Malaysia, Kamis (16/12/2021), Satgas telah memperoleh 11 dokumen identitas yang diduga milik korban kapal tenggelam.

Beberapa dokumen yang ditemukan seperti paspor, Surat Izin Mengemudi (SIM), surat bukti tes PCR, fotokopi kartu keluarga, kartu sertifikat vaksin, dan boarding pass penerbangan.

“KJRI Johor Bahru pada Rabu (15/12) sekitar pukul 09.00 telah menerima informasi dari Pusat Kawalan Operasi Maritim (MRSC) Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM) Negeri Johor dan IPD (Polres) Kota Tinggi Johor mengenai ditemukannya kapal karam,” tulis keterangan resmi atas nama teknis imigrasi KJRI Johor, Kamis (16/12).

Berdasarkan keterangan resmi tersebut, Satgas KJRI Johor Bahru telah mendatangi lokasi kejadian. Kemudian bertemu dengan Timbalan Pengarah Operasi APMM Negeri Johor, Tn Simon dan Kapolres Kota Tinggi, Inspektur Zaire untuk mendapatkan informasi dan koordinasi penanganan lebih lanjut.

“Berdasarkan informasi yang diperoleh dari kedua pejabat tersebut didapati informasi bahwa kapal karam tersebut diduga membawa sejumlah 50 WNI,” lanjutnya.

Dari 50 WNI tersebut, sebanyak 16 orang ditemukan meninggal dunia, 14 orang selamat yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan dua orang perempuan. Kemudian dari 2 orang perempuan yang selamat, 1 orang telah dirawat di Hospital Kota Tinggi karena kondisi kritis (kekurangan cairan/dehidrasi), dan 20 penumpang lainnya masih dicari.

“Dari 12 orang laki-laki yang selamat, pihak polisi menduga satu orang di antaranya sebagai pelaku TPPO (tekong). Sebanyak 14 orang yang selamat telah diamankan oleh pihak Angkatan Tentara Malaysia (ATM) di Tanjung Sepang Kota Tinggi untuk dilakukan penyidikan dan tes PCR,” katanya.

Dia mengatakan, jika 14 orang diduga WNI selamat telah dinyatakan negatif Covid-19 dan telah diserahkan dari Angkatan Tentara Malaysia kepada Jabatan Imigrasi Malaysia Negeri Johor. Satgas KJRI Johor Bahru akan melakukan verifikasi dan pendataan serta pendalaman informasi terkait kronologis kejadian kecelakaan laut serta akan menghubungi pihak keluarga di Indonesia.

Berdasarkan informasi dari aparat terkait di tempat kejadian, diduga kapal karam tersebut saat menurunkan penumpang di sekitar perairan Tanjung Balau lalu dihantam ombak besar akibat cuaca buruk.

“Adapun jenis kapal yang digunakan yaitu Boat Pancung dengan ukuran Panjang 25 meter dan lebar 3 meter dilengkapi 4 mesin dengan kapasitas masing-masing mesin 200 HP, berangkat dari Tanjung Uban Kepri,” terangnya.

Berikut nama-nama korban sementara dari bukti-bukti dokumen yang ditemukan terdapat beberapa dokumen identitas:

  1. Paspor RI No. C7768256 an. Fatimah lahir di Jember 1 Juli 1978
  2. Paspor RI No. C8244268 an. Andy Maulana lahir di Cilacap 29 Maret 1999
  3. KTP an. Andy Maulana dengan alamat Jalan Sibekel No.0138 RT 25 RW 8 Desa Pasuruhan Kec. Binangun Kab. Cilacap Jawa Tengah
  4. SIM C an. Nasirah lahir di Cilacap 12 April 1979 dengan alamat Jalan Sibekel No.0138 RT 25 RW 8 Desa Pasuruhan Kec. Binangun Kab. Cilacap Jawa Tengah
  5. Bukti PCR yang dikeluarkan oleh Surya Kartikan Medika denga alamat Jalan Raya Jetis Nusawungu Cilacap an. Tukiman Martameja
  6. Foto copy Kartu Keluarga tercantum nama Kepala Keluarga an. Gunaman, Suhartin (istri) dan Huratul Zakiyah (anak) dengan alamat di Ramban Bela Desa Lenek Rabanbiak Kec. Aikmel Kab. Lombok Timur NTB
  7. Kartu Sertifikat Vaksin an. Yoan Eki Sudiatma lahir di Kedongdong 1 Oktober 2000 dengan alamat Desa Kedongdong Daya Kec. Pringgasela Lombok Timur NTB
  8. Kartu Sertifikat Vaksin an. Dedi Suryadi lahir di Anjani 18 Juli 1987 dengan alamat Desa Anjani Timur Kec. Suralaga Lombok Timur NTB
  9. Kartu Sertifikat Vaksin an. Muhamad Nasir lahir di Kawo 14 April 1981 dengan alamat Desa Balemontong I Kec. Pujut Lombok Timur NTB. Serta ditemukan juga Boarding pass Lion Air an. Muhamad Nasir berangkat dari Jakarta pada tanggal 8 Desember 2021 tujuan Batam
  10. Foto Copy Kartu Sertifikat Vaksin an. Samsuddin lahir di Pemasah 1 Juli 1977 dengan alamat Desa Pemasah Kec. Jerowaru Lombok Timur NTB
  11. Foto Copy Kartu Sertifikat Vaksin an. Alwi lahir di Mampe 16 Juli 1985 dengan alamat Desa Mampe Kec. Jerowaru Lombok Timur NTB.

Sebelumnya pada Kamis pagi, Maritime Rescue Sub Centre (MRSC) Johor Bahru Malaysia menginformasikan penemuan kembali lima jenazah korban kapal karam yang membawa 50 penumpang di Tanjung Balau, Kota Tinggi Johor.

Kapal tersebut diduga tenggelam saat menurunkan penumpang di sekitar perairan Tanjung Balau akibat dihantam ombak besar saat cuaca buruk. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini