Kafilah Jateng Sudah Tiba di Maluku Utara dengan Selamat, Siap Bertanding di STQHN XXVI

Asisten I Pemprov Maluku Utara, Sri Hartati mengalungkang selendang khas daerah kepada Kepala Bidang Penerangan Agama Islam, Pemberdayaan Zakat dan Wakaf (Kabid Penaisdayazawa) Afief Mundzir selaku Ketua Rombongan Kafilah Jateng saat tiba di Bandara Sultan Babullah, Ternate, Kamis siang (14/10).

MALUKU UTARA (Sigijateng.id) – Semua anggota kafilah Provinsi Jawa Tengah yang akan berlaga di arena Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist Nasional (STQHN) XXVI, sudah berada di Kota Sofifi, Provinsi Maluku Utara. Rombongan sudah tiba dengan selamat pada Kamis siang (14/10/2021).

Kedatangan Kafilah Jateng disambut Asisten I Pemprov Maluku Utara Sri Hartati di Bandara Sultan Babullah Ternate. Kepala Bidang Penerangan Agama Islam, Pemberdayaan Zakat dan Wakaf (Kabid Penaisdayazawa) Afief Mundzir selaku Ketua Rombongan Kafilah Jateng didampingi Kepala Seksi Seni Budaya Islam, Musabaqah Al Qur’an dan Al Hadits Nining Indrawati dan Kepala Seksi Pemberdayaan Zakat dan Wakaf H Shobirin Spd mendapat kehormatan menerima pengalungan kain selendang khas Maluku.

Dari Bandara Sultan Babullah Ternate, rombongan diangkut menggunakan bus menuju Pelabuhan Ahmad Yani. Dari Pelabuhan tersebut mereka menuju Kota Sofifi, Ibu Kota Provinsi Maluku Utara dengan kapal sekitar 60 menit lamanya.

“Perjalanan memang cukup melelahkan. Alhamdulilah semua kafilah sehat, gembira dan menikmati perjalanan dari Semarang hingga di Kota Sofifi,’’ kata Afief Mundzir.

Para peserta STQ tidak menginap di hotel, melainkan ditempatkan di rumah-rumah pendududk, tepatnya di Perumahan ASN I Maluku Utara.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Jateng H Musta’in Ahmad semalam bertemu langsung dengan para qari-qariah, hafiz-hafizah dan mufasir-mufasirah di tempat mereka menginap. Musta’in berpesan agar mereka betul-betul menjaga kesehatan dengan baik melalui pola makan yang bergizi dan melakukan protokol kesehatan secara ketat. Kepada para pelatih dan pendamping kafilah, Musta’in berpesan agar memberikan bekal yang maksimal supaya meraih yang terbaik dalam arena STQ Nasional tersebut.

STQH Nasional rencananya akan dibuka Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mewakili Presiden RI, Sabtu malam (16/10) di arena utama Masjid Raya Ashafur Khiarat, Jalan Km 40, Kota Sofifi, Maluku Utara.

Asisten III Pemprov Maluku Utara, Asrul Gailea kepada wartawan menjelaskan, sebanyak 1.700 orang akan menghadiri Seleksi Tilawatil Quran (STQ) nasional ke XXVI.

“Ini untuk pertama kalinya Maluku Utara dipercaya menyelenggarakan even nasional, sampai hari ini tercatat sekitar 700 orang telah tiba,” kata di Ternate.

Bandara Sultan Babullah Ternate kemarin penuh sesak dengan kedatangan kafilah dari berbagai provinsi di Indonesia. “Saat ini hingga 16 Oktober kami masih fokus menyambut kedatangan peserta dan kontingen se-Indonesia,” kata Asrul.

Peserta yang tiba lewat jalur udara setiba di Bandara Sultan Babullah Ternate langsung diantarkan ke Pelabuhan Ahmad Yani untuk diseberangkan dengan kapal cepat ke Sofifi yang berjarak sekitar satu jam.

Dia memastikan hingga saat ini panitia sudah siap untuk melaksanakan kegiatan itu serta memastikan penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan. Setiap peserta yang tiba di Sofifi dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dan jika di atas 37 derajat akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh tim medis.(aris)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here