Kadinas PUPR Kendal Sebut Pekerjaan Bendung Karet di Sungai Blorong Capai 78 Persen

KENDAL (Sigi Jateng) – Kepala Dinas PUPR Kendal, ir. Sugiono menyebut bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Kendal melalui PT Kadi International mengebut pemasangan pipa saluran air baku di Kabupaten Kendal hingga Desember 2021.

Pemasangan pipa sepanjang 5 kilometer ini, rencananya bisa menghasilkan debit air 250-500 liter per detik dari Bendung Karet Sungai Blorong hingga ke Kawasan Industri Kendal (KIK).

“Kita berharap pemasangan pipa tepat pada waktunya agar air baku yang dihasilkan dari Bendung Karet ini bisa difungsikan pada awal Januari 2022 mendatang,” kata Sugiono, Selasa (14/9/2021).

Ia mengungkapkan, penyambungan pipa dikerjakan dengan melintasi 4 desa, dan menyeberangi satu sungai. Yakni meliputi, Desa Turunrejo, Rejosari, Purwokerto Kecamatan Brangsong, Desa Wonorejo Kecamatan Kaliwungu dan Sungai Waridin.

“Pipa berukuran 50 sentimeter ini ditanam di bawah jalan desa dan jalan kabupaten hingga ke KIK. Di tahun pertama, pemkab menyewa biaya pemanfaatan jalan desa sebagai jalur utama pipa. Semua jalan desa yang dilewati pipa suplai air baku ini statusnya menjadi jalan kabupaten,” ungkapnya.

Pihaknya menegaskan bahwa PT Kadi International juga berkomitmen untuk mengembalikan kondisi jalan yang digali seperti sedia kala. Jadi pihak desa tidak merasa dirugikan atas pekerjaan penyambungan pipa untuk menyuplai ketersediaan air baku untuk kawasan industri.

“Kita sudah MoU dengan pihak desa. Biaya sewa dari pemerintah daerah ke desa. Biayanya disepakati sesuai panjang yang dilewati dan akan kita bayarkan di anggaran perubahan APBD 2021,” tegasnya.

“Untuk saat ini, proyek pekerjaan Bendung Karet Sungai Blorong bisa dikatakan sudah mencapai 78 persen,” imbuh Sugiono.

Sementara itu, Koordinator Lapangan (Site Engineer) PT Kadi International, Imam Teguh Santoso menerangkan, proses pemasangan pipa sudah berjalan di 3 desa dengan estimasi mencapai 40 persen pekerjaan.

“Saat ini sudah berjalan di 3 desa. Setelah itu masuk ke jalan kabupaten, desa keempat nyambung ke KIK. Perkiraan sejak Maret sampai saat ini sudah 40 persen,” ujarnya. (Dye)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here