Kabar Duka “Dalang Setan” Ki Manteb Sudarsono Tutup Usia Saat Isolasi Mandiri

Ki Manteb juga dianggap sebagai pelopor perpaduan seni pedalangan dengan peralatan musik modern.

Karanganyar (Sigi Jateng) – Dalang kondang, Ki Manteb Sudarsono tutup usia pada Jumat, 2 Juli 2021. Seniman berjuluk dalang setan itu meninggal saat menjalani isolasi mandiri di rumahnya di Karanganyar, Jawa Tengah.

Ki Manteb Sudarsono lahir di Sukoharjo, 31 Agustus 1948. Ia merupakan dalang terkenal dari Jawa Tengah dan mendapat julukan dalang setan. Ki Manteb juga dianggap sebagai pelopor perpaduan seni pedalangan dengan peralatan musik modern.

“Meninggal sekitar pukul 09.45 WIB,” kata Sekretaris Desa Doplang, Ade Irawan saat dihubungi. Menurutnya, Ki Manteb diketahui positif COVID-19 melalui pemeriksaan rapid test Antigen.

Ade menyebut awalnya Ki Manteb melakukan perjalanan bersama keluarganya ke Jakarta. Saat di Jakarta, kesehatan Ki Manteb terganggu sehingga mereka berinisiatif pulang ke Karanganyar.

Hingga tiba di Karanganyar, rombongan tersebut menjalani tes rapid Antigen. Ki Manteb dan istrinya, Suwarti mendapatkan hasil positif. Sedangkan salah satu anaknya memperoleh hasil negatif.

“Ki Manteb dan istrinya menjalani isolasi mandiri di rumah,” kata Ade. Awalnya, mereka tidak begitu merasakan keluhan yang berarti.

Bahkan, di sela-sela isolasi mandiri, Ki Manteb masih sempat menggelar pementasan virtual di rumahnya. Usai pementasan tersebut kondisi Ki Manteb akhirnya benar-benar menurun.

Keluarga sempat mendatangkan dokter untuk memeriksa kesehatannya. Ki Manteb lantas mendapat bantuan napas melalui oksigen. “Sebenarnya akan dibawa ke rumah sakit namun sudah keburu meninggal,” kata Ade.

Saat ini, jenazah Ki Manteb Sudarsono masih berada di rumahnya dan menunggu kedatangan para relawan yang akan memakamkannya menggunakan protokol pemakaman COVID-19. Ki Manteb akan dimakamkan di makam keluarga yang berada tidak jauh dari kediamannya. (Dye)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini