Jokowi Terima Laporan Kapal Asing Masuk Perairan Indonesia saat Sapa Prajurit TNI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyapa prajurit TNI yang mengikuti upacara peringatan HUT ke-76 TNI dari berbagai wilayah. Jokowi menyapa melalui konferensi video, Selasa (5/10/2021). Foto : Dok. Ist

Jakarta (Sigi Jateng) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyapa prajurit TNI yang mengikuti upacara peringatan HUT ke-76 TNI dari berbagai wilayah. Jokowi menyapa melalui konferensi video, Selasa (5/10/2021).

Para prajurit TNI yang disapa Jokowi di antaranya yang sedang bertugas pada satuan tugas luar negeri (Yonmek UNIFIL) di Lebanon. Kemudian prajurit yang sedang bertugas di pulau-pulau terluar atau perbatasan Indonesia di Ndana Rote, Nusa Tenggara Timur.

Selain itu, prajurit TNI yang sedang bertugas di KRI Multatuli-561 di perairan Natuna Utara, prajurit yang sedang bertugas pada satgas Pamtas RI-MLY Yonmek 643/WNS di Entikong, Kalimantan Barat dan prajurit yang sedang bertugas di RS Lapangan Indrapura, Surabaya.

Pada sesi telekonferensi dengan perwakilan TNI yang sedang bertugas di KRI Multatuli-561, Jokowi sempat bertanya kepada komandan operasi mengenai ada tidaknya kapal asing masuk ke perairan Indonesia di Natuna Utara.

Komandan Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada I, Laksamana Pertama TNI Dato Rusman S.N kemudian memberikan laporan, hari ini ada kapal yang masuk ke wilayah perairan Indonesia untuk melaksanakan lintas laut internasional.

Kapal tersebut berasal dari China dan Amerika Serikat. Namun demikian, dia melaporkan kondisi saat ini kondusif. “Untuk hari ini ada kapal yang masuk namun dia melaksanakan lintas laut internasional dan dalam keadaan aman, yaitu kapal-kapal dari China dan kapal-kapal dari Amerika, semua keadaan aman dan kondusif,” ujar Dato.

Dia menuturkan, secara umum perairan Natuna dan sekitarnya aman dan kondusif. TNI, kata dia mengerahkan sejumlah KRI, kapal patroli, kapal survei oseanografi KRI Rigel hingga pesawat dan helikopter.

“Situasi alur laut kepulauan Indonesia satu aman terkendali. Kami laporkan juga bahwa seluruh prajurit dalam keadaan sehat walafiat,” katanya. (Dye)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here