Jelang Uji Coba Sekolah Tatap Muka, Ribuan Guru di Pekalongan Ikuti Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama

Ilustrasi Vaksinasi Covid-19. Foto : Istimewa

Pekalongan (Sigi Jateng) – Ribuan guru sekolah dasar (SD) negeri dan swasta di Kabupaten Pekalongan, Jateng, mulai menerima vaksinasi Corona tahap pertama mulai hari ini. Vaksinasi dilakukan di masing-masing wilayah kecamatan.

Jumlah guru sekolah dasar di Kabupaten Pekalongan, tercatat terdapat 5.940 orang. Vaksinasi bagi tenaga pendidik ini dilakukan sebagai langkah persiapan uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) atau sekolah tatap muka pada April mendatang.

“Vaksinasi bagi guru dimulai hari ini Selasa sampai dijadwalkan pada Sabtu (27/3) depan. Jumlahnya 5.940 guru SD atau MI,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan, Siti Masruroh, di aula kantor Sekda Pekalongan, Selasa (23/3/2021).

Sedangkan untuk guru sekolah menengah, lanjut Siti, akan dijadwalkan setelah. “Ya ini langkah kita dalam menghadapi uji coba PTM April mendatang. Semuanya harus siap,” katanya.

Untuk uji coba PTM, pihaknya akan memprioritaskan sekolah yang wilayahnya masuk zona hijau. “Kita prioritaskan yang masuk zona hijau. Tentunya dengan mengedepankan protokol kesehatan,” terang Siti.

Pelaksanaan PTM selama masa uji coba ini juga akan dibatasi dengan sistem penjadwalan keberangkatan anak sekolah dengan shift dan proses belajarnya pun dibatasi selama empat jam. Itupun tanpa istirahat, dan siswa diharapkan bawa bekal sendiri.

“Nanti selama dua minggu kita lihat perkembangannya untuk kita evaluasi,” katanya.

Sementara itu, Kepala SD Islam Kajen, Ahmad Saefi, mengaku sudah sering didorong oleh orang tua murid untuk melakukan PTM. “Para orang tua sering menanyakan ke pihak sekolah, kapan akan dimulainya sekolah. Kebanyakan memang sudah ada titik jenuh dengan sistem daring selama ini,” kata Saefi di lokasi vaksinasi guru, Puskesmas Kajen. (dtc/dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini