Jelang PTM Juli, Ganjar Usul Vaksinasi Guru Diprioritaskan, Begini Tanggapan Menkes

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

SEMARANG (Sigi Jateng) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta izin untuk turut memprioritaskan vaksin guru kepada menteri kesehatan. Alasana Ganjar, guru harus jadi prioritas vaksin setelah Lansia menjelang pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Juli mendatang.

Hal itu disampaikan Ganjar, usai mengikuti rapat rutin penanganan COVID-19 dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di kantornya, Senin (5/4/2021). Agenda rapat yakni pembahasan dikonsentrasikan pada vaksin.

“Jadi tadi kita rapatnya sama pak Menteri ini yang pertama agar setiap daerah menyiapkan dengan segala prioritasnya. Saya usul tadi kalau prioritasnya sekarang masih pada level untuk lansia, yang mau kita utamakan, maka kita dahulukan,” ucap Ganjar.

“Namun ini paralel dengan mulai pembukaan (pembelajaran) tatap muka sekolah, maka guru menjadi prioritas,” imbuh Ganjar.

Ganjar mengatakan, dirinya meminta izin pada Menkes karena menilai guru juga patut diprioritaskan untuk mendapatkan vaksin. Sehingga, nantinya saat pelaksanaan PTM pada bulan Juli akan lebih aman.

“Saya tadi minta ijin, lansia yang menjadi prioritas pertama ini ketika jumlah vaksin tidak atau belum banyak, maka kita minta ijin untuk beberapa kita alokasikan pada guru-guru. Jadi ini yang ada untuk di sesuaikan dengan masing-masing kondisi. Sambil terus bergerak nanti sampi dengan Juli agar seluruh guru kalau bisa sudah divaksin,” tegasnya.

Untuk itu pula, Ganjar menyiapkan strategi pada tahap Uji Coba PTM yang dilakukan di Jawa Tengah. Jika nantinya guru telah mendapatkan vaksin, maka tidak menutup kemungkinan jumlah kelas di sekolah pelaksana PTM akan ditambah.

“Maka kita strateginya nambahin ujicobanya nanti denngan cara dua hal, satu menambah jumlah kelasnya di satu sekolah itu, bersrti kemungkinan tidak menambah jumlah vaksin untuk guru. Tapi seandainya kita menambah jumlah sekolahnya maka kita mesti mendesain agar jumlah guru yng divaksin bisa bertambah,” tegasnya.

Dalam rapat, Menkes Budi Gunadi Sadikin langsung menyetujui usulan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Bahkan, Menkes Budi menilai usulan Ganjar ini bagus karena menjelang pelaksanaan PTM.

“Memang kita harus mendukung PTM, kalau awalnya kita memprioritaskan hanya lansia maka sekarang ditambah guru. Satuju pak Gub, lanjutkan,” ujar Menkes Budi. (Aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini